Selayar
Home » , , , , » Cuaca Buruk Ganggu Jadwal Pemberangkatan Feri di Selat Selayar

Cuaca Buruk Ganggu Jadwal Pemberangkatan Feri di Selat Selayar

Penulis Media Selayar on Kamis, 21 Desember 2017 09.02.00

Cuaca Buruk, Ganggu Jadwal Pemberangkatan Feri di Selat Selayar

MEDIA SELAYAR. Cuaca buruk yang melanda perairan bagian selatan Sulawesi hingga ke laut flores juga berdampak pada kondisi di perairan laut Selayar. Dimana dalam dua pekan terakhir ini, musim angin barat dan ombak telah melanda daerah pesisir pantai barat Kepulauan Selayar.

Tidak menentunya kondisi cuaca menjadi penyebab terganggunya jadwal penyeberangan kapal feri di selat Selat Selayar yang merupakan pintu gerbang utama masuk dan keluar dari daerah ini. Misalnya dalam dua hari ini, puluhan kendaraan yang sedianya akan bertolak menuju Pelabuhan Pamatata dikabarkan tidak terangkut. Baru pada dinihari tadi Kamis (21/12) penumpang tersebut diberangkatkan ke Pelabuhan Pamatata.

Kondisi ini tentu saja mempengaruhi jalur penumpang tujuan Selayar. Seperti yang dijelaskan oleh Andi Eka Putra, Kepala Terminal Angkutan Darat Bonea, membenarkan bahwa akibat cuaca buruk yang melanda Selayar dalam dua hari ini, jalur penyeberangan penumpang barang dan jasa yang melalui pelabuhan penyeberangan Pamatata-Bira terganggu.

Memang tidak ada pelarangan berlayar akan tetapi kita hanya antisipasi dini mengingat kondisi alam yang tidak bersahabat, jelas Andi Eka Putra.

Belum ada kepastian normalnya kembali jadwal pemberangkatan kapal feri di selat Selayar, yang pasti pihak pengelola melakukan sistem buka tutup pemberangkatan kapal feri sebagai langkah antisipasi cuaca ekstrim diperairan laut Selayar.

Sementara itu diperoleh informasi dari pelabuhan Bira Kabupaten Bulukumba bahwa kapal feri KMP. Sangke Pallangga tetap melayani route pelayaran Bira, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal jenis roro ini bertolak pada dinihari Kamis, (21/12) tadi.

KMP. Sangke Pallangga berangkat dari Pelabuhan Bira, Bulukumba dengan mengangkut penumpang dan kendaraan yang akan bertolak menuju Pulau Jampea, Kecamatan Pasimasunggu, Pulau Kayuadi, Kecamatan Takabonerate, Pulau Bonerate, Kecamatan  Pasimarannu, Pulau Kalao Toa, Kecamatan Pasilambena dan selanjutnya menuju ke Labuan Bajo.

Untuk penumpang tujuan Selayar juga diberangkatkan dari pelabuhan Bira dengan KLM. Lestari Maju. Kapal ini bertolak meninggalkan Bira pada dinihari tadi menuju pelabuhan Pamatata. (*)


BACA SELANJUTNYA................

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar