Rabu, 20 Desember 2017

Bursa Inovasi Desa, Adalah Komitmen Membangun Desa

MEDIA SELAYAR. Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si membuka secara resmi pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Kepulauan Selayar 2017. Kegiatan ini berlangsung diruang pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar pada Rabu 20 Desember 2017.

Pembukaan Bursa Inovasi Desa ini dihadiri oleh Forkopinda, diantaranya Dandim 1415, Letkol Arm.Yuwono S.Sos. M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Selayar dan Para Pimpinan Skpd Lingkup Pemkab Kepulauan Selayar.

Selain itu dihadiri oleh Para Camat, Kepala Desa, BPD dan Pendamping Desa, Tokoh masyarakat desa se-Kabupaten Kep. Selayar.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Kepulauan Selayar. Dimana dalam laporannya sebagai Panitia Pelaksana, Kadis PMD, Andi Irsan S.STP menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Bursa Inovasi Desa ini menawarkan kegiatan terkait pembangunan desa yang dinilai inovatif, selain itu, bursa ini juga bertujuan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai oleh Pemerintah.

Dan merupakan program baru yang diluncurkan oleh Kementerian Desa yang bertujuan untuk mereviu dampak dari dana desa yang diberikan selama 3 tahun ini oleh pemerintah pusat dengan jumlah yang fantastis mencapai 120 triliun kepada seluruh desa di Indonesia.

Dalam laporannya, Andi Irsan S.STP juga menyampaikan jumlah peserta Bursa Inovasi Desa sebanyak 319 orang terdiri dari perwakilan desa dan Tim Inovasi Kecamatan. Dan penganggarannya dari APBN dilingkup Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara itu, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si, Sekretaris Daerah, sebelum membuka BID, membacakan sambutan Bupati Kepulauan Selayar. Dengan mengawali menyampaikan apresiasi dan selamat datang kepada para peserta Bursa Inovasi Desa.

Bupati berharap agar peserta Bursa Inovasi Desa dapat bersungguh-sungguh mengikuti jalannya pelaksanaan Bursa Inovasi Desa. Karena Bursa Inovasi Desa adalah komitmen membangun desa.

Bursa Inovasi Desa ini diharapkan dapat menjembatani sumber daya lokal dengan pemanfaatan dana desa yang lebih efektif sehingga lebih berkomitmen membangun desa. Tentunya dengan meningkatkan program yang lebih bermakna untuk membangun desa.

Bupati berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat mengembangkan kewirausahaan di desa, meningkatkan kualitas SDM desa dan peningkatan infrastuktur pedesaan, penggunaan dana desa melalui berbagai pembangunan dan pemerdayaan masyarakat yang lebih inovatif, dan peka terhadap kebutuhan masyarakat dapat lebih ditingkatkan.

Upaya ini diharapkan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat, dan berpesan agar menggunakan dana desa secara benar dan bermanfaat” harap Bupati.

Usai membacakan sambutan tertulis Bupati, selanjutnya Sekda, Dr. Ir. H. Marjani Sultan M.Si membuka Bursa Inovasi Desa dengan pemukulan gendang tradisi daerah.

BACA SELANJUTNYA ...........................

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.