Jumat, 29 Desember 2017

Basli : Kesejahteraan Masyarakat Menjadi Tujuan, Keluarnya Kebijakan

MEDIA SELAYAR. Kesejahteraan masyarakat adalah tujuan utama dalam pembangunan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini. Dan didalam setiap penerapan kebijakan selalu menjadikan kesejahteraan sebagai tujuan yang hendak dicapai. Demikian diutarakan oleh Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali dalam kesempatan diskusi ringan di Kantor BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar pada Kamis, 28 Desember 2017.

Lebih jauh, Muh. Basli Ali menyampaikan bahwa salah satu kebijakan yang diharapkan, dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar dalam mencapai kesejahteraan bersama, adalah membuka kran investasi pariwisata ke daerah ini. Dengan kebijakan mempermudah perzinan dan menggratiskan imb bagi para investor. 

Gratis imb, " dengan satu catatan bahwa semua investor yang berminat berinvestasi akan dibuatkan satu perjanjian, wajib melibatkan 80% warga lokal dalam kegiatan investasinya. " Inikan sudah merupakan satu kebijakan yang berpihak kepada masyarakat Selayar. Memang pendapatan daerah tidak ada dari sektor imbnya, tapi multi player effect yang diharapkan adalah dengan kehadiran investor dapat menggerakkan perekonomian masyarakat kita, jelas Basli.

Dan bisa dibayangkan bila lebih dari 1 investor yang melakukan operasional investasi pariwisata atau perikanan di Selayar kita ini, bisa berapa masyarakat kita yang terserap menjadi tenaga kerja dan beraktifitas didalamnya. Bukankah hal ini bisa menjadi pemicu meningkatnya perekonomian masyarakat Selayar ? ujar Basli balik bertanya.

Penarikan pemasukan daerah pada imb bagi investor hanya sekali dan tidak dirasakan langsung oleh masyarakat, tapi saya membayangkan multiplayer effect dari kebijakan gratis imb dan kemudahan perizinan yang saya maksudkan, adalah masyarakat bisa memanfaatkannya sebagai lahan pendapatan, mulai dari awal hingga investasi mereka berjalan. 

Bukan saja pada saat pembangunan dimulai atau sementara berjalan akan tetapi juga pada saat operasional, tenaga kerja diutamakan tenaga kerja lokal Selayar. Selain itu pada penyiapan kebutuhan logistiknya. Dan saya yakin kita dapat menekan pengangguran dan menciptakan lapangan kerja yang lebih banyak. jelas Basli. 

Membangun daerah tentu tidak bisa serampangan dilakukan. Perlu strategi yang terukur dan sistematis agar bisa mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Beberapa hal yang penting, dapat dipedomani didalam implementasi dari program strategi dan kebijakan pembangunan daerah.

Percepatan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Selayar diarahkan agar bisa memicu investasi pariwisata dan perikanan. Serta memperhatikan pengembangan kegiatan-kegiatan sektor riil dan sektor ekonomi unggulan. Diantaranya dengan memberi bantuan pada sejumlah sektor pergerakan ekonomi masyarakat.

Adanya percepatan, terutama dalam bidang ekonomi akan mampu menciptakan lapangan kerja dan mengurangi penduduk miskin serta jumlah pengangguran. Hal ini tentu ditujukan dalam rangka penguatan kelembagaan dan perbaikan kualitas produk andalan daerah kita. Inilah yang sebenanrnya mau kita capai, dan membutuhkan kesadaran dan kerjasama seluruh elemen yang ada didaerah kita ini, jelasnya. 

Pengembangan masyarakat merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam meningkatkan kualitas masyarakat yang bermukim di wilayah investasi yang ditanamkan oleh investor, sehingga mereka mampu mengejar ketertinggalan dalam berbagai bidang kehidupan.

Investasi yang ditanamkan oleh investor mempunyai peranan yang sangat penting bagi masyarakat lokal karena investasi tersebut memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat setempat. 

" Memang pemerintah tidak menarik biaya perizinan, akan tetapi multi player effect dari 80% pelibatan masyarakat lokal, dalam satu kegiatan investasi pariwisata didaerah kita ini akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kita, jelas Bupati termuda di Selayar ini. 

Investasi adalah salah satu faktor yang memberikan perubahan sosial, ekonomi, budaya dan pendidikan. Dengan demikian, salah satu bentuk kewajiban perusahan investor adalah meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif atas kehadirannya. Sejarah menunjukkan bahwa sektor swasta membawa pengaruh pada perubahan sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lingkungan. 

Sebelum menutup diskusi ringan tersebut, Bupati termuda yang pernah dimiliki masyarakat Selayar ini kembali menegaskan bahwa masyarakat Selayar harus tahu bahwa, salah satu niat awalnya menjadi Bupati dikampung halamannya ini, adalah niat menjadikan masyarakat Selayar menjadi sejahtera dan menjadikan daerah yang dipimpinnya ini bisa selangkah lebih maju dari daerah lainnya. 

Program prioritas yang saat ini sementara digenjot dan diperjuangkan hingga ke pusat adalah menjadikan Selayar sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata dan menjadikan Selayar sebagai sentra industri perikanan terpadu serta menjadi pusat distribusi logistik. 

Dan ini bukanlah sebuah hal mudah seperti membalikkan telapak tangan akan tetapi pasti akan melalui sebuah perjuangan dalam mewujudkannya. Dan tentulah hal ini akan lebih mudah terwujud bila mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat Selayar. Bukankah ini demi kita juga di Selayar ? kuncinya melanjutkan diskusi ringan dengan topik bahasan lain bersama sejumlah penggiat pariwisata didaerah ini. (Lo2)


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Media Selayar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

MEDIA SELAYAR. Diberdayakan oleh Blogger.