Home » , » Tim ENJ 2017 Akan Turun Di Pulau Jinato Dan Latondu

Tim ENJ 2017 Akan Turun Di Pulau Jinato Dan Latondu

Penulis Media Selayar on Jumat, 29 September 2017 14.18.00

Tim ENJ 2017, Akan Turun Di Pulau Jinato Dan Latondu

MEDIA SELAYAR
. Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) Pemuda Sulawesi Tahun 2017 disambut Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar Dr. Ir. Marjani Sultan, M. Si di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Kepulauan Selayar hari ini Jumat 29 September 2017. 

Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, acara ini juga dihadiri perwakiln Deputi IV SDM dan Iptek Kemenko Kemaritiman Republik Indonesia, Fatma Puspitasari, Asisten Pemerintahan, Andi Rahman Mudeng, Kabag. Tata Pemerintahan Setda, Drs. Ahmad Syaifuddin, MM, Camat Takaboberate, serta perwakilan OPD terkait.

Seperti diketahui Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) merupakan sebuah program dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman generasi muda dan merajut pulau-pulau terluar wilayah Indonesia.

Khusus ENJ Sulawesi Selatan Tahun 2017 akan di laksanakan di Pulau Jinato dan Pulau Latondu Kecamatan Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sekretaris Daerah diawal sambutannya menjelaskan kondisi geografis Kepulauan Selayar yang terdiri dari 132 Pulau dan memperkenalkan potensi potensi pariwisata yang ada dalam wilayah Kepulauan Selayar, serta sedikit mengupas tentang Kawasan Takabonerate sebagai kawasan atol terluas ketiga di dunia.

Sekda juga menambahkan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini tengah konsentrasi dalam mewujudkan Kepulauan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Olehnya itu dengan kegiatan ENJ ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang jelas terhadap pengembangan pariwisata di Kepulauan Selayar.

Pada kesempatan yang sama mewakili Deputi IV Sumber Daya Manusia dan Iptek Kementerian Koordinator Kemaritiman Republik Indonesia Fatma Puspitasari mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Daerah beserta jajarannya atas penerimannya. 

Fatma juga menyebut ada berbagai langkah dan kegiatan yang akan dilakukan oleh Tim ENJ diantaranya bakti sosial, budaya maritim serta kepariwisataan.

Sementara Koordinator Tim ENJ Pemuda Sulawesi Selatan, Prabowo Setiawan, dalam kesempatannya melaporkan bahwa Tim ENJ ini terdiri 2 tim yang beranggotan 51 Orang, 24 orang akan ditempatkan di Pulau Jinato dan 27 Orang di Pulau Latondo.

Prabowo juga menjelaskan bahwa melalui kerjasama dengan Taman Nasional Takabonerate Tim ENJ akan melaksanakan berbagai program diantaranya ; Kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan, PHB terhadap siswa sekolah, pembagian obat-obatan, Program Pendidikan yang diisi dengan mengajar disekolah-sekolah, pelatihan paskibraka, pada Program Lingkungan ; aksi bersih pantai, tranpantasi karang pelatihan mitigasi bencana kepada masyarakat, sementara untuk Program Ekonimi Kreatif ada pelatihan membuat produk-produk berkualitas yang menghasilkan. Ungkap Koordinator ENJ Sulawesi Selatan dalam laporannya. (Bendo) 


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

CARI BERITA