Selayar
Home » , » Sosialisasi Siswasmas Pada Pokwasmas Berlangsung Di Desa Parak

Sosialisasi Siswasmas Pada Pokwasmas Berlangsung Di Desa Parak

Penulis Media Selayar on Kamis, 28 September 2017 11.54.00

Sosialisasi Siswasmas, Pada Pokwasmas Berlangsung Di Desa Parak

MEDIA SELAYAR. Sosialisasi Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat (Siswasmas) hari ini 28 September 2017, berlangsung di Aula Kantor BPD Parak Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar. Sosialisasi ini dihadiri oleh puluhan Pokmaswas dari sejumlah desa pesisir di daerah ini.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Sulawesi-Selatan. Hadir dan menjadi pembicara dalam kegiatan ini, Ir. Miftahuddin, Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian SDKP – DKP Prov. Sulsel.didampingi Kepala Seksi Pengawasan Ir.Masna T. tampil sebagai pengarah, Andi Penrang dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kepala Desa Parak, Zaenal Yasni.

Sosialisasi ini adalah merupakan bagian dari pembinaan Pokmaswas yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan motivasi kepada pengurus dan anggota Pokmaswas dalam melaksanakan tugas dan peran pengawasan SDKP di wilayahnya secara mandiri.

Pengawasan Perikanan yang dilakukan oleh masyarakat telah diatur dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, tentang tata cara pelaksanaan sistem pengawasan masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya Kelautan dan Perikanan. Sistem pengawasan tersebut selanjutnya disebut dengan Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat (Siswasmas)

Kepala Desa Parak, Zainal Yasni terkait kegiatan ini mengungkapkan bahwa sangat bermanfaat bagi peningkatan sumber daya masyarakat dalam melakukan pengawasan di desa. Sekaligus bisa meningkatkan sinergitas jaringan pengawasan dan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan oleh aparat keamanan atau penegak hukum serta masyarakat di desa, kunci Kades Parak. (Lo2)


Ratusan Warga Nobar Film G.30.S/PKI Di Lap. Pemuda Benteng

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar