Selayar
Home » , , , » KM.Fungka Permata III Bisa Saja Hanyut ke Perairan Selayar

KM.Fungka Permata III Bisa Saja Hanyut ke Perairan Selayar

Penulis Media Selayar on Senin, 18 September 2017 11.28.00

Hilang Kontak Di Bau-Bau, KM.Fungka Permata III, Diperkirakan Bisa Hanyut ke Perairan Selayar
Fhoto : zona sultra com
MEDIA SELAYAR. KM. Fungka Permata III GT 107 warna kuning, yang berlayar dari Baubau-Tomia (Wakatobi) Sulawesi Tengara, diberitakan hilang kontak pada Minggu, 17 September 2017 pukul 06.00 wita kemarin. Dan hingga hari ini Senin 18 September 2017, Tim SAR Bau Bau masih melakukan pencarian terhadap kapal tersebut.

Menurut infomasi yang diterima bahwa kapal tersebut diperkirakan kemungkinan bisa hanyut ke wilayah timur perairan Kepulauan Selayar Sulsel. Hal ini bila melihat pola arus laut demikian diperoleh informasi melalui grup whatsupp Media Selayar.

"Kapal tersebut diperkirakan terbawa arus ke Selayar sesuai pola arus (info, Prof Muh Hamsun, Guru Besar di UNTAD, Palu)" demikian Ir. Makkawaru kepala Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Dari daftar manifes penumpang yang terdaftar, jumlah penumpang ada 10 penumpang, salah seorang diantaranya adalah WNA. Belum termasuk jumlah Abk 4 orang. Jadi total 14 orang diatas kapal.

Sementara itu dikonfirmasi ke Syahbadar terkait informasi tersebut, menjawab bahwa belum ada informasi resmi masuk terkait hal ini. Namun sudah ada informasi awal yang kami ketahui ujar Hasbullah S.Sos, salah seorang personil Syahbandar.

Ia menambahkan bahwa, bila informasinya hanyut dan melihat kondisi arah angin timur yang kerap berubah ubah, maka bisa saja hanyut ke perairan Selayar dan kalau itu terjadi maka hanya dua titik yang kita tunggu untuk pantauan. Yakni perairan utara pulau Selayar dan perairan Selatannya.

Dan kalaupun kapal itu sampai ke perairan Selayar, maka kita tunggu sehari semalam lagi, karena jarak antara perairan Bau-Bau dimana diinformasikan kejadian di Sulawesi Tengara dan Perairan Kepulauan Selayar tidak kurang dari 100 mil. Sementara kecepatan hanyut kalau dihitung-hitung kasar, hanya 5 sampai 10 mil perjam. Nanti saya infokan, kami koordinasikan dulu ke SAR Selayar, kuncinya.

Dari pengumpulan informasi media, bahwa KM Fungka Permata III yang melayani penumpang laut dengan rute Baubau-kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dikabarkan hilang sejak hari Minggu, 17 September 2017 pagi.

Kepala Pos SAR Wakatobi Reppind melalui siaran persnya kepada ZonaSultra Com mengatakan, kapal yang memuat enam orang dan 8 Anak Buah Kapal (abk) itu bertolak dari pelabuhan Murhum, Kota Baubau pada hari Sabtu, 16 September 2017 sekitar pukul 21:42 malam menuju pelabuhan Usuku, Kecamatan Tomia Timur, Kabupaten Wakatobi.

Menurut jadwal regular, kapal itu seharusnya mulai berlabuh di pelabuhan Usuku pada pukul 10.00 Wita pagi. Namun hingga malam tadi, kapal itu belum juga ditemukan. (Int)


BACA JUGA Wabup Pimpin Upacara HARHUBNAS 2017 Kabupaten Kepulauan Selayar

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar