Selayar
Home » , » Garuda Perlu Jaminan SLF Untuk Terbang Ke Selayar

Garuda Perlu Jaminan SLF Untuk Terbang Ke Selayar

Penulis Media Selayar on Minggu, 24 September 2017 14.43.00

Garuda Butuh Jaminan SLF, Untuk Terbang Ke Selayar


MEDIA SELAYAR. Untuk menerbangi rute penerbangan Makassar - Selayar, Garuda Indonesia memerlukan jaminan tingkat ketersediaan Seat Load Factor (SLF) sebanyak 80%. Demikian disampaikan oleh Bambang Haryanto, salah seorang pemerhati Pembangunan Kepariwisataan di Sulsel.

Bambang Haryanto menilai bahwa tingkat keterisian penumpang maskapai Garuda tujuan Makassar - Selayar menjadi faktor penentu keberadaan maskapai milik negara tersebut.

"Untuk bisa bertahan, maskapai ini harus memiliki load factor minimal 80% per flight. Jadi harus simbiosis mutualisme dengan pihak-pihak terkait," jelas Bambang di Makassar, 23 September 2017. Keberadaan rute penerbangan pesawat Garuda harus memperoleh dukungan dari berbagai pihak mulai dari kebijakan hingga pengembangan iklim industri termasuk sektor kepariwisataan. 

Iklim industri di Selayar harus tumbuh dengan baik. Orang ke Selayar tentu bertujuan bisnis, wisata, kunjungan keluarga, dan aktifitas lainnya. Jika sektor pariwisata jadi andalan, itulah yang harus digarap secara serius," jelasnya.


Hal sama juga disampaikan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel, Andi Januar Jaury Darwis. Menurutnya ketika pemerintah daerah berupaya mengoptimalkan kunjungan wisata ke destinasi Selayar. Sebaiknya upaya itu diimbangi dengan kebijakan ekonomi otoritas lokal untuk mendorong perputaran ekonomi daerah.

"Perputaran ekonomi daerah yang berimplikasi pada perjalanan bisnis serta korporasi antara masyarakat di Selayar dengan pihak lain seperti sektor perikanan. Sektor ini telah menjadi salah satu unggulan untuk mengimbangi terjadinya low season kunjungan wisatawan," ujarnya

Dia meminta agar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar bisa menggali potensi perkembangan ekonomi di daerah itu melalui strategi memanfaatkan potensi perikanan dan hasil bumi seperti kopra dan komoditas unggulan lainnya. 

Strategy Pak Bupati akan memunculkan komoditas hasil bumi semisal kopra dan komoditas lainnya yang akan mendorong dengan menggunakan jasa transportasi udara, sarannya.

Adanya pembukaan rute baru Garuda ke Selayar, lanjutnya membutuhkan kebijakan otoritas pemerintah daerah setempat dalam menjaga tingkat keterisian maskapai milik negara ini itu tetap normal.

Pembukaan rute Garuda ke bandara H. Aroepala Selayar tentu saja menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat Selayar. Namun ada tantangan yang harus dilalui kedepannya untuk menjaga menjaga irama load factor yang masuk dan keluar dari Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selain itu, dia menambahkan diperlukan sinergitas kebijakan dari semua pihak terkait, utamanya kebijakan lokal, regional, domestik, bahkan global.

Stakeholder di Makassar perlu menjadikan Selayar sebagai salah satu sajian informasi dengan objek daya tarik utama. Sehingga status hub Makassar benar-benar terwujud dalam program Makassar and Beyond yang selama ini dikembangkan Pemkot Makassar. 

Sebelumnya, Vice President Garuda Indoensia Regional Kalimantan Sulawesi dan Papua I Wayan Supatryasa mengatakan pembukaan rute perintis Makassar-Selayar telah memasuki tahapan finalisasi untuk pengkajian bisnis maupun operasional.

Dalam waktu dekat kami segera melakukan koordinasi kembali dengan Pemkab Kepulauan Selayar. Sesegera mungkin penerbangan perdana sudah bisa terealisasi," ujarnya..

Menurut Wayan, pembukaan rute tersebut juga mengacu pada potensi pariwisata Selayar sebagai salah satu destinasi wisata bahari Sulsel yang juga diikuti dengan geliat perekonomian yang mulai bergairah.

Sementara itu, Fajrias Abu, salah seorang pengusaha travel yang menawarkan jasa transportasi wisatawan yang akan ke Selayar mengemukakan, bahwa seat penerbangan ke Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini sangatlah kurang. Jadwal booking terbatas dan memang sudah sangat perlu ada tambahan penerbangan ke bandara Selayar. (*)


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar