Selayar
Home » , » Bupati Kep. Selayar Dorong Perikanan Berkelanjutan

Bupati Kep. Selayar Dorong Perikanan Berkelanjutan

Penulis Media Selayar on Minggu, 24 September 2017 09.48.00

Bupati Kepulauan Selayar, Dorong Perikanan Berkelanjutan


MEDIA SELAYAR. Menyadari bahwa sumberdaya alam adalah modal terbesar dalam membangun daerah, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali selalu menekankan perlunya menjaga sumberdaya yang ada. Begitupun dengan program pembangunan yang diusungnya, yang mengedepankan keberlanjutan sumberdaya.

Untuk program di bidang Perikanan, melalui Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Muh. Basli Ali menekankan pengelolaan perikanan berkelanjutan, termasuk yang berkaitan dengan pengolahan ikan yang akan dibangun di Kepulauan Selayar.

Karena itu Kadis, Ir. Makkawaru, yang baru beberapa bulan menduduki jabatannya itu sangat serius menyusun programnya, terutama dalam melibatkan investor yang memang memiliki reputasi dalam pengembangan perikanan berkelanjutan.

Salah satu langkah yang telah diambil yang berkaitan dengan pengolahan perikanan berkelanjutan adalah melakukan pembicaraan dengan salah satu perusahaan international yang mengusung konsep blue economy,

Bali Seafood International. Anak perusahaan North Atlantic, Inc. yang berpusat di Portland, Maine ini menerapkan konsep keberlanjutan di beberapa proyeknya di beberapa negara.

Manager Asian Production dari perusahaan induknya di Amerika Serikat, Jerry Knecht, adalah juga ketua The Lesser Sunda Sustainable Fisheries Initiative (LSSFI). Tidak heran bila Menteri Kelautan dan Perikanan RI sangat mendukung proyek di Sumbawa ini dan direncanakan akan diduplikasi di berbagai pulau-pulau kecil di Indonesia, terutama karena industri besar tapi di saat yang sama mengedepankan keberlanjutan sumberdaya.

Perusahaan ini menjalin kerjasama dengan National Fisheries Institute AS untuk mendampingi dari sisi lingkungan. Perusahaan ini hanya akan mengolah hasil laut yang bernilai ekonomi dan layak panen serta sesuai regulasi yang ada. Untuk itu, perusahaan ini menjalin kerjasama dengan penyedia data satelit perikanan Pelagic Data System, yang akan memantau pergerakan ikan pelagis besar seperti tuna.

Di saat yang sama, perusahaan ini juga menjalin kerjasama dengan Traceall Global, yang akan memantau segala pergerakan armada tangkap yang berjejaring dengan perusahaan ini, dimana yang memasuki areal terumbu karang yang telah ditetapkan sebagai area no take zone, atau menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan, maka hasil tangkapannya tidak akan diterima dan kerjasama dengan perusahaan ini akan diputus.

Direktur Selayar Fish Market, Rakhmat Zaenal yang sering berkomunikasi dengan petinggi perusahaan ini dan telah melihat langsung proyek mereka bersama Muhammad Amran dari Bagian Perencanaan DKP Kep. Selayar (Jum'at 22/10) sangat mendukung langkah Bupati Kepulauan Selayar melalui Dinas KP ini. Sebab menurutnya, dengan aktifitas ekonomi yang lebih terbuka antara nelayan dan perusahaan, fair, dan dengan kepastian pasar secara berkelanjutan, aktifitas illegal fishing bisa ditekan. (PR.RZ)


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar