Iklan

Bupati Dan Wabup Kep. Selayar Hadiri Prosesi Adat Qurban Di Kampung Tua Gantarang

Media Selayar
Minggu, 03 September 2017 | 16:25 WIB Last Updated 2020-05-09T05:13:05Z
Bupati Dan Wabup Kep. Selayar Hadiri Prosesi Adat Qurban Di Kampung Tua Gantarang



MEDIA SELAYAR
. Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali bersama Wakil Bupati, H. Zainuddin menghadiri acara silaturahim yang dilaksanakan oleh Kerukunan Keluarga Kerajaan Gantarang (K3G) Kendari, Makassar. Acara dilaksanakan di Kampung Gantarang Lalang Bata Desa Bontomarannu Kecamatan Bontomana, hari ini Minggu 3 September 2017.

selayar
Acara ini dirangkaikan dengan prosesi adat penyembelihan hewan qurban versi masyarakat Gantarang Lalang Bata dengan berbagai prosesi dan ritual. 

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten yang juga adalah anggota DPRD Kepulauan Selayar Hj. Eni Zainuddin Ketua Pengurus K3G Kabupaten Kepulauan Selayar H. Muhammad Idris, Ketua Pengurus K3G Kota Kendari Drs. H. Hasanuddin DM. M.Si., tokoh masyarakat Selayar H. Ince Langke, Camat Bontomanai Zulfikri, tokoh agama dan tokoh masyarakat Gantarang Lalang Bata.

Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa Gantarang Lalang Bata saat ini sudah dikenal mancanegara melalui Mesjid tua Gantarang yaitu Mesjid Awaluddin.

Dan menurutnya bahwa apa yang dilaksanakan hari ini merupakan momentum kegiatan daerah yang bisa dijadikan kegiatan wisata religi.

"Orang kalau mau datang ke Kabupaten Kepulauan Selayar banyak pilihan, baiknya itu dari obyek wisata baharinya, adat, maupun religiusnya. Tinggal bagaimana masyarakat dan pemerintah bisa bersinergi. Pemerintah tentunya akan menyiapkan infrastruktur dan masyarakat harus mempersiapkan diri yang untuk menjadi tujuan destinasi," kata Basli Ali. 

Kampung Tua Gantarang

Melalui momentum tersebut Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan permohonan maaf dan ucapan selamat Idul Adha 1438 H, dan berharap kiranya kepemimpinannya bersama Wakil Bupati dapat membawa Selayar jauh lebih baik bahkan mampu melebihi daerah-daerah lainnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Pengurus K3G Kota Kendari Drs. Hasanuddin DM, M.Si sedikit bernostalgia tentang perjalanan hidupnya sekitar tahun 60an di kampung Gantarang Lalang Bata, sebelum merantau ke Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kendati demikian niat utamanya kembali ke Kampung halaman adalah bersilaturrahim dengan masyarakat Kepulauan Selayar sembari berqurban di kampung halaman sendiri.

Dalam kegiatan ini, juga diisi dengan ceramah agama yang dibawakan oleh ceramah agama oleh Ustadz Suwandi Sudirman. (KT2)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Dan Wabup Kep. Selayar Hadiri Prosesi Adat Qurban Di Kampung Tua Gantarang

Trending Now

Iklan