Iklan

Monitoring Terumbu Karang SPTN II Jinato-TN. Taka Bonerate

Media Selayar
Senin, 14 Agustus 2017 | 18:14 WIB Last Updated 2017-08-14T10:41:28Z


MEDIA SELAYAR. Metode yang di gunakan dalam pelaksanaan kegiatan Monitoring Kesehatan Terumbu Karang I di SPTN Wilayah II Jinato ini adalah Metode Reef Chek, dimana teknik penentuan sampel secara purposive sampling, yang ditempatkan secara sengaja diseluruh lokasi pengamatan berdasarkan arah mata angin : Utara, Timur, Selatan dan Barat.

Metodologi Line Transek :

Sebuah team terdiri dari empat orang penyelam dengan perincian 1 orang untuk mengambil data Karang, Ikan dan Bentos Dasar, 1 orang untuk menarik roll meter ditambah seorang ilmuwan kelautan yang berperan sebagai ketua tim. Ketua tim akan bertanggung jawab untuk memimpin kelompoknya melakukan pengambilan data, menjamin bahwa data yang dikumpulkan akan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Penempatan Transek

Seluruh data Reef Check diambil dengan menggunakan metode transek garis dengan teknik pencatatan point transek. Transek dipasang pada lokasi yang sudah dipilih sebagai berikut :

Pada Kedalaman 3 meter dan 10 meter dibentangkan Roll meter 100 m di dasar laut (kedalaman diukur saat surut terendah) mengikuti garis kontur kedalaman dasar laut 3 m dan 10 m.

Masing-masing bentangan roll meter dibagi menjadi empat buah transek (transek A, B, C dan D) yang panjangnya masing-masing 20 m.

Jarak antara ujung akhir transek dan ujung awal transek berikutnya adalah 5 m. Sehingga, keempat transek tersebut panjangnya 95 m. (transek A mulai di meter 0 s/d meter ke 20, transek B mulai di meter ke 25 s/d meter ke 45, transek C mulai dari meter ke 50 s/d 70 dan transek D mulai di meter ke 75 s/d meter ke 95).

Titik awal transek A dan titik akhir transek D harus ditandai dengan pelampung dan dicatat koordinatnya dengan GPS. Setelah itu titik-titik tersebut diplotkan kedalam peta navigasi daerah tersebut.

Dipublikasikan tanggal : 13 Agt 2017
Oleh : Asri skma 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Monitoring Terumbu Karang SPTN II Jinato-TN. Taka Bonerate

Trending Now

Iklan