Home » , , » Maksimalkan Partisipasi Pemilih, KPU Selayar Sasar Pemilih Pemula

Maksimalkan Partisipasi Pemilih, KPU Selayar Sasar Pemilih Pemula

Penulis Media Selayar on Rabu, 09 Agustus 2017 10.16.00

Maksimalkan Partisipasi Pemilih, KPU Selayar, Sasar Pemilih Pemula

MEDIA SELAYAR. Dalam memaksimalkan partisipasi pemilih pada Pilgub 2018 yang akan datang di Kabupaten Kepulauan Selayar, KPU Kabupaten Kepulauan Selayar sasar pemilih pemula. Berdasarkan data pemilih tahun 2015, jumlah pemilih pemula di Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 20% dari 91.238 total pemilih, jumlah ini cukup besar dan diharapkan dapat menyumbang suara dalam perhelatan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Tahun 2019 nanti.

Jumlah tersebut menunjukkan signifikansi yang cukup besar dari para pemilih pemula. Namun pertanyaan adalah, seberapa besar partisipasi mereka dalam pemilu nantinya?

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar mengadakan sosialisasi Pemilu kepada pemilih pemula dengan menyasar 13 sekolah lanjutan tingkat atas di daratan Kepulauan Selayar yang dilaksanakan dari tanggal 4 – 8 Agustus 2018.

Pada kegiatan tersebut, KPU Kepulauan Selayar membagi tim ke dalam kelompok yang mengunjungi 6 kecamatan daratan.

“Peserta diajak untuk memahami esensi dari potensi besar suara pemilih pemula dalam proses demokrasi” ungkap Hasiruddin, Ketua KPU Kepulauan Selayar yang juga membawahi divisi tehnis.

Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu ini. Mereka mengaku jadi tahu proses pemilihan, dari mulai masuk tempat pemungutan suara, mencoblos, sampai akhir pemilihan. Bahkan, mereka menyatakan pasti memilih setelah diberi pemahaman pemilu.
“Saya berharap jika para pemimpin dan wakil rakyat yang terpilih bisa bebas dari korupsi,” ujar Randy Rahman salah satu siswa SMKN 1 Benteng.

Teknis sosialisasi pada kegiatan ini adalah tatap muka dan diskusi dimana para pemateri yang terdiri dari ketua dan anggota KPU memberi pemahaman dan sosialisasi pemilu. Setelah itu dilakukan sesi tanya jawab untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka selama menerima materi.

Cara ini dinilai efektif bagi pemilih pemula untuk menangkap pesan dalam kegiatan. Apalagi acara ini diselingi dengan pemberian doorprize kepada para peserta berupa hadiah menarik.

Sosialisasi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Pilkada Serentak tahun 2018 nanti.

“Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula khususnya menghadapi Pilgub Sulawesi Selatan tahun 2018 nanti.” terang Andi Nastuti, anggota KPU Kepulauan Selayar yang membidangi perencanaan dan data.(b2/Media Centre)




BACA JUGA : SMP Muhammadiyah Selayar Di Segel Preman

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

CARI BERITA