Home » , » Begini Aksi Peringatan HKAN 2017 Di Selayar

Begini Aksi Peringatan HKAN 2017 Di Selayar

Penulis Media Selayar on Kamis, 10 Agustus 2017 11.19.00

Begini Aksi Peringatan, HKAN, 2017, Di Selayar

MEDIA SELAYAR. Memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2017, Balai Taman Nasional Takabonerate Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan Konservasi Alam. Balai TN. Takabonerate menggandeng sejumlah pihak dalam peringatan HKAN 2017 dan memusatkan kegiatan di Kampung Penyu, yang terletak di Kecamatan Bontomanai.

Diantaranya, Dinas Pariwisata, DKP, BRI, BPD, SSD, Camat Bontomanai, Desa Barugaia, WCS dan Binsa serta Binmas dan masyarakat setempat.

Begini Aksi Peringatan, HKAN, 2017, Di Selayar

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain adalah sosialisasi pengelolaan Kampung Penyu, kemudian pelepasan tukik penyu ke habitatnya dan penanaman mangrove. Selain itu HKAN 2017 ini diwarnai dengan aksi bersih pantai di lokasi pemusatan HKAN 2017.

Beberapa poin penting yang menjadi bahasan diskusi dikampung penyu pada peringatan HKAN 2017 di Kabupaten Kepulauan Selayar :
1. Mendorong penetapan kampung penyu dengan SK bupati sebagai kawasan ekosistem esensial dengan alasan hukum yang sah dan akan ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwsiata Dan Lingkungan Hidup.
2. Penguatan kelembagaan pengelolaan masyarakat dengan pendampingan dari TNTB dan para pihak.
3. Penyiapan protap layanan yang akan didampingi oleh Dinas Pariwsiata.
4. Penataan lansecap kampung penyu sebagai lokasi konservasi yg bebasis ekowisata, selanjutnya pemisahan antara ruang publik dan ruang konservasi
5. Penyiapan paket kunjungan wisata kampung penyu oleh dispar yang akan ditindaklanjuti dengan event " Attoana Toriere" thn 2018.

Sosialisasi " penyebaran informasi konservasi penyu berbasis masyarakat " yang dibawakan oleh Saleh Rahman, SP, MS.c, Muhammad Hasan, SH, Zul Janwar, S.kel, MS.c, dan Pak Datu. Kemudian diikuti oleh Aksi Pelepasan Tukik (penyu lekang) sebanyak 100 ekor,
 Begini Aksi Peringatan,HKAN, 2017, Di Selayar

Aksi Bersih pantai sepanjang kampung penyu dan penanaman mangrove di muara sungai Tulang sebanyak 300 pohon, juga mewarnai HKAN 2017 di Kabupaten Kepulauan Selayar. Dan diharapakan melalui peringatan HKAN ini, dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga keberlangsungan sumber daya alam.  (B) 




BACA JUGA : MBA : ASPEKINDO Wujudkan Visi Pemerintah, Indonesia Poros Maritim

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar