Iklan

Dinas PMD Selayar Gelar Bimtek Peningkatan SDM Bumdes

Media Selayar
Rabu, 26 Juli 2017 | 13:20 WIB Last Updated 2017-07-26T05:28:29Z


MEDIA SELAYAR. Pemkab Kep. Selayar Genjot Peningkatan SDM Bumdes. Kegiatan Bimbingan Teknis peningkatan Kapasitas SDM dan tata kelola Bumdes digelar Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan bertempat di Baruga Bonerate selama dua hari mulai dari Hari Senin 24 Juli 2017.

Bimbingan Teknis peningkatan kapasitas SDM dan Tata Kelola Bumdes merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam rangka untuk mengembangkan bumdes di masing-masing wilayah desa sebagai pilar penopang bangkitnya konstruksi perekonomian desa yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Aswar, SH.MH menjelaskan bahwa pelaksanaan bimtek ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran bagi seluruh pelaksana bumdes, dengan menjadikan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT. Bank Pesisir Rakyat Tanadoang (BPRT) sebagai cerminan dalam menopang kebangkitan badan usaha milik desa di wilayahnya masing-masing.

Dalam kerangka itu pula, para kepala desa diharapkan dapat bersinergi dan menjalin hubungan komunikasi yang intens dengan pelaksana bumdes di desanya jelas Andi Azwar, yang juga menjadi  salah pemateri dalam Bimtek.

Selain Andib Aswar SH. MH, pemateri lainnya adalah Sekretaris Dinas PMD Kepulauan Selayar, Sitti Rahmania, ST yang didampingi oleh Kepala Bidang Bina Pengembangan Ekonomi Desa, Krisnayanti, ST.

Dari unsur perbangkan diantaranya, Pimpinan Cabang PT. Bank Rakyat Indonesia (Pinca PT. BRI Kepulauan Selayar), dan Dirut PT. BPRT, Asrijal Akib, SE. M.M yang mengetengahkan materi berjudul tata kelola bumdes.

Esensi materi bermuatan eksistensi, filosofi, kelembagaan dan administrasi bumdes ‘ditangkap’ positif oleh para peserta. Hal tersebut terlihat dari antusiasme peserta dalam beberapa kesempatan season tanya jawab yang dihandle oleh Said Arfandi selaku moderator.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa peserta tampil mempertanyakan tekhnis dan tata cara penyusunan administrasi bumdes seperti penyusunan buku kas umum dan neraca. (Fasya/SA) 


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas PMD Selayar Gelar Bimtek Peningkatan SDM Bumdes

Trending Now

Iklan