Selayar
Home » , » Pohon Cengkeh Di Selayar Tahun Ini Tidak Berbuah

Pohon Cengkeh Di Selayar Tahun Ini Tidak Berbuah

Penulis Media Selayar on Selasa, 02 Mei 2017 08.49.00

Pohon, Cengkeh, Di, Selayar ,Tahun, Ini ,Tidak, Berbuah

MEDIA SELAYAR. Petani cengkeh di Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya petani di wilayah Kecamatan Bontomanai, hanya bisa pasrah dan tidak tahu, harus berbuat apa apa lagi, karena tahun 2017 ini, pohon cengkeh mereka tidak berbuah.

Jumlah warga Selayar yang menggantungkan hidup dari hasil panen cengkeh tidak sedikit, bisa mencapai ribuan jumlahnya.Termasuk pekerja saat panen tentunya.

Seorang petani cengkeh dari Desa Bone Timur, Kecamatan Bontomanai, Mappatunru saat ditemui (2/5) menjelaskan, bahwa pohon cengkeh yang biasanya berbunga pada awal tahun, tahun 2017 ini tidak berbunga, jadi untuk menunggu buahnya sangat tidak mungkin. Ia juga belum tahu kenapa sampai cengkeh mereka tidak berbuah tahun ini.

Sementara itu, petani cengkeh lainnya yang ditemui di desa lainnya tapi masih di wilayah Bontomanai juga membenarkan tidak adanya bunga cengkeh pada tahun ini. Mereka memperkirakan bahwa hal ini karena faktor cuaca yang sering mendadak berubah sepanjang awal tahun 2017 kemarin.

BACA JUGA : Hasil Panen Dan Harga Anjlok, Petani Cengkeh Di Selayar Mengeluh

Dari hasil pengumpulan informasi bahwa kondisi ini membuat para petani cengkeh di Kabupaten Kepulauan Selayar mengalami kerugian yang tidak sedikit. Mengingat perawatan kebun dan pohon cengkeh mereka bukan tidak mengeluarkan biaya. Sementara hasil yang didapatkan tidak ada.

Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait, penyebab tidak adanya bunga dan buah cengkeh di Kabupaten Kepulauan Selayar, pada tahun ini. Sementara diketahui bahwa lokasi atau lahan pertanian tanaman cengkeh di Selayar cukup luas, di Kecamatan Bontomanai, Buki dan Kecamatan Bontosikuyu. (SG)

BACA LAINNYAKebakaran Hanguskan 1 Rumah Di Bontoala Selayar

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar