.

Home » » PROGRAM KESEHATAN GRATIS DI SELAYAR

PROGRAM KESEHATAN GRATIS DI SELAYAR

Penulis Media Selayar TV on Sabtu, 22 April 2017 08.27.00

MEDIA SELAYAR WHILE IMPROVEMENT AND REINFORCEMENT OF OLD ARTICLES TO SOME FUTURE TIME. PLEASE SORRY TO THIS INTERFERENCE.

Wawancara Kadis Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dr H Husaini MKes

Sejak awal kepemimpinan Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs H Syahrir Wahab MM, tahun 2005 silam, maka penerapan untuk memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan, sudah dimulai. Seperti dengan pengobatan gratis, mulai dari polindes, pustu dan puskesmas bahkan rumah sakit umum, meskipun baru sebatas pengobatan. 

Berikut petikan wawancara Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Kepulauan Selayar, dr H Husaini MKes dengan Wartawan Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks) Biro Kabupaten Kepulauan Selayar, M Rizal Dg Sibunna, Jumat (11/3).

# Sejauh mana pelaksanaan program kesehatan gratis?

Program kesehatan gratis bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, sudah dimulai sejak awal periode pemerintahan Bupati H Syahrir Wahab, yakni pada tahun 2006, berupa pengobatan gratis mulai dari tingkat pustu, puskesmas dan rumah sakit umum. Akan tetapi ketika itu belum seluruhnya bisa digratiskan.

# Apa saja yang belum digratiskan saat itu?

Selain pengobatan dengan menggunakan obat generik saat itu, pemkab belum mampu menggratiskan seluruhnya. Akan tetapi, mulai tahun anggaran 2007, sudah dipikirkan bagaimana memberikan pelayanan prima secara maksimal, termasuk penanganan dan penanggulangan gizi buruk. Selanjutnya tahun anggaran 2008 sampai tahun 2009 dan 2010 ini, Pemkab Kepulauan Selayar bersama seluruh instansi terkait, khususnya dinas kesehatan, memang tidak lagi memungut biaya pengobatan, sehingga dinas kesehatan tidak lagi dibebani Pendapatan Asli Daerah (PAD) oleh Pemkab Kepulauan Selayar.

#Berapa anggaran yang disiapkan untuk program kesehaan gratis tersebut?

Untuk memilah-milah pos anggaran dalam program pelayanan gratis, memang tidak nampak akan tetapi didalamnya meliputi peningkatan sarana dan prasarana, persediaan obat dan perbekalan kesehatan, termasuk peningkatan pelayanan kesehatan anak balita yang meliputi pola asuh anak balita, serta kegiatan lain semacam peningkatan kesehatan ibu hamil sampai melahirkan termasuk anak, itu dianggarkan kurang lebih Rp3 miliar. Dengan demikian, sarana dan prasarana kesehatan sekarang ini sudah memadai termasuk dikecamatan kepulauan.

#Memaksimalkannya bagaimana?

Untuk mewujudkan semua itu, untuk peningkatan kesehatan ibu melahirkan misalnya, serta terlaksaananya pengawasan obat dan makanan, sehingga promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat juga terlaksana yang akhirnya juga sudah terlaksana perbaikan kesehatan masyarakat. Selain itu kesehatan masyarakat dapat tercipta manakala ada upaya pengembangan lingkungan sehat dan pencegahan pemberantasan penyakit. Semua itu erat kaitannya dengan peningkatan sarana dan prasarana pustu maupun puskesmas..

#Apa harapan Anda kedepan?

Harapan kita hanya menciptakan pelayanan prima bagi masyarakat dan program kesehatan gratis benar benar terwujud. Mulai dari persiapan sarana, persediaan obat obatan dan peningkatan kesejahteraan aparatur lingkup dinas kesehaan dan masyarakat juga diharapkan merasa terlibat di dalamnya.


1 komentar:

  1. Untuk up date informasi lainnya anda bisa dapatkan pada 9 link di blog ini.


    Salam Redaksi MC-I

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR