.

Media Selayar

Medianya Orang Selayar

Home » , , , , , » Harian Seputar Indonesia, Sumber Referensi Terpercaya

Harian Seputar Indonesia, Sumber Referensi Terpercaya

Penulis Media Selayar TV on Kamis, 20 April 2017 02.58.00

MEDIA SELAYAR. MAKASSAR (SI) – Kementerian Dalam Negeri menargetkan revisi Undang-undang No 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya terkait pasal tentang pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah, rampung paling lambat akhir 2010.

Dengan demikian,revisi UU 32 bisa disahkan dan diberlakukan 2011 mendatang. Salah satu pasal penting yang direvisi, yakni pemisahan pemilihan antara kepala daerah dan wakil kepala daerah. Kemungkinan, wakil kepala daerah akan ditunjuk langsung oleh kepala daerah, dalam hal ini gubernur atau bupati. Opsi lainnya, yakni wakil kepala daerah ditunjuk Presiden dan diangkat dari kalangan pejabat struktural pemerintahan. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kepada Seputar Indonesia mengatakan, pihaknya masih menunggu pembahasan revisi terhadap UU 32/2004 oleh DPR. Banyak pasal yang mesti dipertimbangkan, khususnya mengenai pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

”Pembahasannya masih ditunggu karena UU 32 masih dalam tahap revisi.Banyak pasal yang sedang dipertimbangkan untuk disesuaikan dengan kondisi kekinian,” jelasnya di Celebes Convention Centre (CCC),kemarin. Wacana penunjukan wakil kepala bermula dari banyaknya konflik antara kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terjadi dalam Pilkada. Hal tersebut berimbas pada tidak harmonisnya roda pemerintahan. Selain membahas mengenai pemilihan wakil kepala daerah,revisi UU 32/2004 juga mempertimbangkan kemungkinan penunjukan langsung gubernur oleh presiden. Hal ini sebagai penjabaran gubernur selaku wakil Pemerintah Pusat di daerah yang diperkuat dengan terbitnya PP No 19/2010 tentang Kewenangan Gubernur.

Opsi lainnya, yakni pemilihan gubernur dikembalikan pada mekanisme pemilihan tidak langsung. Gubernur akan kembali dipilih DPRD sebagaimana sebelum diberlakukannya UU No 32/2004. Gamawan Fauzi mengungkapkan, bulan ini Kemendagri akan menyerahkan hasil evaluasi dan grand desain revisi UU No 32/2004.Meski demikian, pembahasan sepenuhnya tergantung pada kesiapan DPR RI.Apalagi,saat ini seluruh anggota legislatif dalam masa reses.

”Pembahasan tergantung penuh pada legislatif. Kalau memang cepat dilakukan, target perampungannya tahun ini bisa terpenuhi sehingga pengesahannya bisa dilakukan awal 2011 mendatang,”pungkasnya. (abriandi)

Info Tentang Pengurus Gerindra Yang Lirik 2 Mantan Bupati Selayar Jadi Ketua

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

BERLANGGANAN BERITA

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR