.

Media Selayar

Medianya Orang Selayar

Home » , » Peran Media Dalam Pembangunan Selayar (MPF.Humas Bag.IV)

Peran Media Dalam Pembangunan Selayar (MPF.Humas Bag.IV)

Penulis Media Selayar TV on Minggu, 05 Maret 2017 11.06.00


MEDIA SELAYAR. Dari bincang awak media dan Humas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar pada akhir pekan pertama dibulan Maret 2017 yang berlangsung penuh keakraban dengan staf Humas di ruang Tamu Bagian Humas, seperti biasa topik yang mengemuka adalah penajaman Peran dan Fungsi Humas dalam Mengawal Pemerintahan Daerah ke arah yang semakin berkembang.

Kabag Humas Pemkab.Kepulauan Selayar, Dra.Hj.Patta Tulen M.Si yang kerap disapa para awak media di Selayar, Bu Haji, mengatakan dihadapan para Mitra Humas bahwa pentingnya tugas pers adalah mengedukasi masyarakat, yang secara otomatis bekerja sama dengan Pemerintah. Terkait fungsi kontrol yang dilakukan pers, bertujuan agar arah pembangunan yang sedang berjalan bisa sesuai dengan yang diinginkan bersama. Bukan kontrol yang menghakimi, memprovokasi, bahkan kontrol yang saling menjatuhkan.

Tidak seperti biasa pada coffe bareng awak media mitra Humas pekan sebelumnya. Biasanya Kabag Humas Dra.Hj.Patta Tulen M.Si yang dominan memberi paparan, pada awal pekan ini, Kabag melibatkan Kasubag Pemberitaan Pemkab, Mursalim. S. Sos untuk lebih dalam mengupas tentang Peran Media Pemberitaan Dalam Fungsi Humas.

Berikut sejumlah paparan Mursalim S.Sos sebagai Kepala Sub Bagian Pemberitaan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dihadapan sejumlah awak media yang ikut dalam cofee bareng Mitra Humas Pemkab Kep.Selayar.

Secara universal, media pemberitaan pers merupakan asset dari suatu negara atau daerah. Karena itu sangat penting adanya kesadaran semua pihak akan pentingnya keberadaan suatu media pemberitaan dan pers pada lingkungannya masing-masing. Namun harus di ingat pula, bahwa kemajuan pers di daerah, tergantung sistem yang berlaku dan sejauh mana perhatian sitem tersebut pada perkembangannya.

Sambil menenggak kopinya, Mursalim S.Sos melanjutkan bahwa manfaat utama dari kehadiran media pemberitaan pers adalah menjadi forum dialog dan penyampai pesan kepada publik dan dapat menjadi alat terlaksananya proses demokrasi guna terwujudnya pembangunan didaerah, semua itu harus dilaksanakan dengan prinsip dan iktikad baik dari para pelaksananya.

Dalam ilmu komunikasi, mempelajari tentang Komunikasi Pembangunan. Didalamnya digambarkan tentang bagaimana suatu daerah maupun negara dibangun melalui komunikasi. Salah satu cara adalah dengan ekspos yang continyu melalui media massa, baik cetak maupun elektronik. Maka dari itu, hendaknya kita saling bergandeng tangan, untuk membuat terobosan baru agar Kabupaten Kepulauan Selayar, terus diekspos oleh media pemberitaan. Tentunya ini sangat bermanfaat mempromosikan hal-hal yang menarik di pulau Selayar terutama di bidang pariwisata.

Sudah sangat jelas tugas Pemerintah yakni membangun dan melayani masyarakatnya, dilain pihak tugas pers seharusnya menginformasikan pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah kepada masyarakat, sekaligus mengontrol kebijakan yang diambil Pemerintah.Yang tidak kalah pentingnya tugas pers adalah mengedukasi masyarakat, yang secara otomatis bekerja sama dengan Pemerintah.

Mursalim S.Sos juga mengingatkan bagaimana tugas seorang Jurnalis harus sesuai dengan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Dengan harapan, sekiranya media pemberitaan dan pers, dapat melaksanakan perannya sebagai penyampai informasi pembangunan yang akan segera tersebar luas, cepat dan tepat kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, sehingga proses edukasi kepada publik Selayar dalam mendorong percepatan pembangunan daerah berjalan dengan baik

Menutup bincang dengan para awak media, Mursalim juga menyampaikan sejumlah agenda liputan kegiatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam bulan Maret 2017. (Lo2) 

BACA JUGA : 




0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

BERLANGGANAN BERITA

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR