.

Media Selayar

Medianya Orang Selayar

Home » , » Mengenal Peran Fungsi Humas Dan Protokoler Daerah (Bag.III)

Mengenal Peran Fungsi Humas Dan Protokoler Daerah (Bag.III)

Penulis Media Selayar TV on Sabtu, 25 Februari 2017 18.59.00

Mengenal Peran Fungsi Humas, Dan ,Protokoler Daerah (Bag.III)
Dra.Hj.Patta Tulen M.Si. Kabag Humas Pemkab Kep. Selayar
MEDIA SELAYAR. Dalam meningkatkan kinerja di setiap unit pada birokrasi, Pemerintahan Daerah memerlukan peran protokoler dalam menunjang keberhasilan kinerja jajaran Pemerintah. Peran protokol bukan sekadar pembawa acara atau petugas penerima tamu.

Lebih dari itu, tugas protokol sangat strategis karena dapat ikut meningkatkan pembentukan citra sebuah organisasi atau institusi. Dengan peran ini, protokol pada akhirnya identik dengan performa suatu instansi. Demikian ditegaskan oleh Kabag Humas, Drs.Hj.Patta Tulen M.Si dalam kegiatan jumpa dengan awak media pada Jumat (24/2) sore di ruangan Humas Pemkab.Kep. Selayar. 

Lebih lanjut Hj.Patta Tulen kemudian membuka lembaran petunjuk keprotokoleran yang isinya menulis bahwa Lembaga, Institusi, atau Organisasi adalah sebuah sistem. Prinsip utama dari suatu sistem adalah memiliki komponen atau unsur dan terdapat hubungan antar unsur tersebut.

Untuk itu, diperlukan aturan agar hubungan antar unsur tersebut menjadi harmonis ketika seluruh unsur dipertemukan dalam satu kesempatan atau situasi tertentu. 

Hj.Patta Tulen kemudian menyampaikan bahwa terkait pemahaman tentang Keprotokolan sangat perlu diketahui oleh para pelaksana kegiatan didaerah ini. Apalagi yang akan menghadirkan Pimpinan Daerah, seperti Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda dan Sekda.

Karena kadangkala ada pelaksana kegiatan yang menghadirkan Pimpinan Daerah yang tidak mengerti bahwa kehadiran para pejabat tersebut harus ditata dan tersusun sesuai dengan aturan, sebagai bentuk penghormatan, kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. Hal ini diatur dalam UU No 8/1997 diperbarui UU No 9/2010, tegas Hj.Patta Tulen. 

Untuk tujuan strategis, peraturan keprotokolan disusun agar wibawa seorang pemimpin, suatu organisasi, atau negara tetap terjaga. Dengan adanya keprotokoleran yang terselenggara sesuai aturan, citra pemimpin  tersebut akan tetap baik di mata yang lain. 

“Jadi,kalau saya sibuk mengatur dalam sebuah acara daerah, bukan berarti ingin lebih tinggi dari segalanya atau mau dipuji, tapi ini bagian dari tanggungjawab tugas  yang harus diatur sesuai format aturan yang berlaku. Ini semata-mata untuk menjaga citra seorang Pemimpin Daerah. ujar Hj.Patta Tulen.

Melalui media massa mitra Humas pemkab Kepulauan Selayar, diharapkan teman-teman dan masyarakat Selayar akan tahu dan semakin paham, bagaimana cara melaksanakan sebuah kegiatan yang berkaitan dengan menghadirkan seorang pemimpin daerah, misalnya Bupati dan Wakil Bupati.

Setidaknya selalu melakukan koordinasi ke bagian Humas Pemerintah Kabupaten. Kami di bagian ini sangat siap setiap saat untuk berkomunikasi dengan teman-teman pelaksana kegiatan dan program yang akan menghadirkan pejabat daerah. Ini juga kan demi kebaikan bersama. jelasnya. 

Karena sering terjadi kalau acara yang dilaksanakan sukses biasanya petugas protokol dilupakan. Tapi kalau acara gagal maka protokol yang lebih dahulu jadi sasaran karena dianggap gagal mengatur acara.”   

Kedepannya, menurut Hj.Patta Tulen, Ia akan mengusulkan kepada Pak Bupati dan Pak Sekda agar melaksanakan rakor keprotokolan. Dimana dalam pelaksanaannya kita akan mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan di bidang keprotokolan bagi aparatur disemua skpd..

Khususnya yang sering menyelenggarakan suatu acara atau upacara sehingga akan memudahkan koordinasi dalam penyelenggaraan suatu acara atau upacara, kunci Kabag Humas Pemkab Kep.Selayar, Drs.Hj.Patta Tulen M.Si.

BACA JUGA : 
  1. Pentingnya Memahami Peran Dan Fungsi Humas Protokoler Daerah ( Bag.1 )
  2. Pentingnya Memahami Peran Dan Fungsi Humas (BAG.2)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

BERLANGGANAN BERITA

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR