.

Home » , , , , , , , » ( Bag.2) Pentingnya Memahami Peran Dan Fungsi Humas

( Bag.2) Pentingnya Memahami Peran Dan Fungsi Humas

Penulis Media Selayar TV on Sabtu, 18 Februari 2017 20.57.00

( Bag.2) Pentingnya Memahami, Peran Dan Fungsi Humas
Dra.Hj.Patta Tulen M.Si. Humas Pemkab Kep. Selayar
MEDIA SELAYAR. Humas bisa disamakan dengan Public Relation yang bila dibahasakan adalah sebuah seni berkomunikasi dengan publik untuk membangun saling pengertian, menghindari kesalahpahaman dan mispersepsi sekaligus membangun citra positif sebuah lembaga.

Demikian diucapkan oleh Kabag.Humas Pemkab Kepulauan Selayar Dra.Hj.Patta Tulen. M.Si dihadapan awak media pada cofee morning akhir pekan ini Jumat (17/2) bersama para awak media yang posting tugasnya di kantor Bupati Kepulauan Selayar.

Lebih lanjut Bu Haji kerap ia disapa oleh para awak media, bahwa menjadi seorang Humas, harus bertanggungjawab untuk memberikan informasi mendidik, meyakinkan, meraih simpati dan membangkitkan ketertarikan masyarakat luas akan sesuatu atau membuat mengerti dan menerima sebuah situasi.

Berikut press release yang diterima para awak media dari Kabag Humas Pemkab Kep.Selayar sebagai pencerahan betapa pentingnya memahami peran dan fungsi Humas dalam kegiatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Humas merupakan bidang atau fungsi pelayanan publik yang diperlukan oleh setiap instansi, baik itu instansi yang bersifat komersial maupun instansi yang bersifat non komersial. Humas terdiri dari semua bentuk komunikasi yang terselenggara antara instansi yang bersangkutan dengan siapa saja yang berkepentingan dengan instansi tersebut, antara lain dengan masyarakat sebagai publik.

Aktivitas Humas berkaitan dengan dua hal yaitu aktivitas yang berhubungan dengan manajemen dan aktivitas yang berhubungan dengan teknis.

Dalam menjalankan fungsi manajemen, Humas menjadi bagian manajemen dari suatu instansi yang bertugas menjaga keseimbangan komunikasi antara internal instansi dengan eksternal instansi itu sendiri.

Humas memiliki kewajiban untuk membangun saling pengertian dan kerjasama yang baik antara instansi dengan publiknya agar tercipta iklim organisasi yang baik, maka pada akhirnya Humas dapat membangun citra instansi yang positif dengan melakukan komunikasi yang baik dimata publik.

Fungsi teknis Humas berhubungan dengan wewenang Humas yang hanya menjalankan tugas dari pimpinan. Dalam hal ini seorang praktisi Humas hanya berwenang dalam memberikan masukan kepada pimpinan dan
bertindak sebagai pelaksana atas kebijakan yang diambil oleh pimpinan maka dari itu setiap instansi membutuhkan humas.

Dalam sebuah instansi khususnya di lingkup pemerintahan, Humas memegang peranan yang sangat penting dan strategis. Selain itu sebagai sebuah kegiatan komunikasi, Humas juga berfungsi sebagai jembatan untuk
membangun suasana yang kondusif antar berbagai stakeholders instansi, baik internal maupun eksternal dalam rangka membangun image atau citra dari instansi pemerintah itu sendiri.

Humas sebagai juru bicara yaitu Humas mempublikasikan tentang keunggulan daerahnya meliputi pembangunan pemerintahan serta mendokumentasikan segala bentuk kegiatan yang berkaitan dengan pemerintahan dan pembangunan dari daerah tersebut.

Selain itu Humas juga harus dapat menguasai dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam berbagai situasi, selain itu praktisi humas juga dituntut dapat menganalisis opini publik dan selanjutnya pada kondisi tertentu dapat memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan kebijaksanaan pimpinan.

Humas juga harus peka untuk mendengar dan melihat segala pendapat dan aspirasi dari semua pihak dan mampu untuk membedakan antara yang harus dilakukan dan tidak. Selain itu humas juga sebagai mediator secara internal maupun eksternal sehingga tercipta hubungan yang harmonis.

Peran Humas terdapat tiga aspek yang tidak bisa lepas dari Humas yaitu: Informasi, Persuasi dan Komunikasi. Ketiga aspek tersebut sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan tugas Humas tetapi yang terjadi di lingkup Pemkab Kepulauan Selayar, masih banyak pejabat dari instansi pemerintah yang belum memahami perananan Humas sehingga belum bisa bekerja dengan semestinya.

Di era keterbukaan ini seperti sekarang ini, praktisi humas akan sangat dibutuhkan oleh instansi baik instansi bersifat formal atau non formal dalam pengembangankan dan membentuk citra diri yang positif dan kegiatan humas tersebut tidak bisa lepas dari media massa karena memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah instansi sebagai patner pembangunan. Media massa juga diharapkan memiliki hubungan yang harmonis dengan instansi tersebut.

Sebagai jembatan arus informasi setiap instansi tentu telah memiliki lembaga kehumasan. Namun banyak lembaga kehumasan pada setiap instansi yang ternyata belum berjalan maksimal. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap fungsi humas itu sendiri, hingga kini masih banyak pihak yang belum paham betul soal pers. Bahkan, kehadiran rekan pers  dianggap sangat berbahaya. Padahal media massa merupakan salah satu institusi dan profesi yang penting untuk digandeng dalam setiap pembangunan.

Fenomena yang terjadi saat ini di Selayar secara khusus, masih ada pejabat yang alergi dengan keberadaan pers. Mereka tidak konsisten, kurang strategis dan tidak peka terhadap fenomena yang terjadi di masyarakat luas. Sehingga terkesan tidak peduli. Hal ini lantaran mereka kurang memahami dan kurang mengerti berbagai persoalan yang ada.

Pernyataan diatas membuktikan bahwa instansi dalam mengkomunikasikan program yang ingin disampaikan kepada publik, tidak cukup hanya beriklan saja, melainkan pencitraan positif kepada publik merupakan hal penting yang harus dilakukan, maka dari itu setiap instasi harus melaksanakan peran sesuai dengan standar kompetensi yang ada dengan melakukan koordinasi dengan Bagian Kehumasan Pemkab Kep. selayar bila melaksanakan kegiatan, apalagi yang menghadirkan pimpinan daerah.

Sehingga apa yang dilaksanakan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan. Kegiatan tertata dengan protokoler sesuai aturan dan kegiatan tersebut terpublikasi ke masyarakat melalui media Humas Selayar.

..........................................BERSAMBUNG KE PENCERAHAN HUMAS PEMKAB KEP. SELAYAR BAGIAN KE 3 pada Coffee Morning Jumat Depan......................................


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR