Selayar
Home » , , , , , , , , , » Belum Ada Jaminan Aktivitas Illegal Fishing Di P.Jinato Takabonerate Bisa Dihentikan

Belum Ada Jaminan Aktivitas Illegal Fishing Di P.Jinato Takabonerate Bisa Dihentikan

Penulis Media Selayar on Rabu, 25 Januari 2017 18.07.00

Belum Ada Jaminan, Aktivitas, Illegal Fishing, Di P.Jinato Takabonerate ,Bisa, Dihentikan
Gambar : Arsip FPS, Aktifitas Salah Satu Keramba Di P. Jinato
MEDIA SELAYAR. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Heri, seorang nelayan penangkap ikan hidup dari Pulau Jinato yang diduga melakukan aktivitas illegal penangkapan didalam Kawasan Taman Nasional Takabonerate terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Dr.Wahidin Sudiro Husodo Makassar, karena mengalami kram saat menyelam dengan menggunakan alat bantu pernafasan dan diduga terkontaminasi bahan yang digunakannya menangkap ikan hidup.

Hal ini membuktikan bahwa aktivitas kegiatan illegal fishing di Kawasan Nasional Takabonerate masih terus berlangsung.

Belum Ada Jaminan Aktivitas, Illegal Fishing Di P.Jinato, Takabonerate Bisa Dihentikan

Senada dengan apa yang dijelaskan oleh kepala Balai Taman Nasional Takabonerate, Ir.Jusman saat dihubungi pada Selasa (24/1) bahwa sampai hari ini belum ada jaminan kalau kegiatan illegal fishing di Taman nasional Takabonerate bisa dihentikan.

Mengingat luas kawasan Taman Nasional Takabonerate dan jumlah penduduk yang sebagian besar nelayan tidak berbanding dengan petugas.

Ir.Jusman lebih lanjut mengatakan bahwa memang berbagai cara dilakukan untuk bisa mencuri kesempatan melakukan aksi illegal didalam kawasan, diantaranya tentu yang dilarang adalah penangkapan ikan dengan bahan peledak dan bahan kimia atau bius.

Selanjutnya cara lain yang dilarang adalah penggunaan alat bantu kompresor bagi nelaya didalam Kawasan Taman Nasional Takabonerate.

Menyangkut adanya beredar informasi bahwa para pelaku kegiatan illegal fishing khususnya di desa Jinato yang disinyalir dibackingi oknum, Ir.Jusman menegaskan bahwa hal tersebut perlu pembuktian kuat. memang. Bila memang beredar informasi seperti itu, silahkan saja buktikan.

Ditanya tentang Pulau Jinato yang diinformasikan sebagai sarang para nelayan yang diduga melakukan aktivitas illegal fishing dengan bom dan bius, Ir.Jusman menjawab bahwa masih lebih banyak nelayan legal dengan menggunakan pancing dari pada mereka yang bekerja illegal.

Sementara itu, dari informasi yang diterima, bahwa kegiatan para nelayan penyelam ikan hidup yang diduga menangkap ikan dengan menggunakan potasium sianida masih terus beroperasi didalam kawasan. salah satu modus untuk mengelabui petugas dan masyarakat di desa tersebut adalah mereka membawa alat tangkap bubu yang sengaja di pamer dibelakang perahu agar terlihat mereka seakan-akan menangkap dengan alat tersebut.

Sementara peralatan menyelam seperti kompressor disembunyikan dilambung kapal yang digunakan. rata-rata para nelayan berangkat Subuh dan balik ke keramba penampung menyetor ikan bila sore tiba.

BERITA TERKAIT :  Tangkap Ikan Hidup Di TN.Takabonerate, Nelayan P.Jinato Kritis

Maraknya kegiatan illegal fishing oleh nelayan Desa Jinato mengundang komentar pemerhati Selayar, setidaknya ada suara-suara sumbang yang mempertanyakan keberadaan Pemerintah di Desa Jinato.

Sebagian memberi pendapat bahwa pentingnya pemerintah turun tangan menghentikan kegiatan illegal fishing di desa tersebut yang telah memakan korban lumpuh malah korban jiwa. jangan malah praktek pembiaran dipertontonkan setidaknya menghindari kesan bahwa para pelaku kebal hukum untuk melakukan kegiatannya.

Ketua Umum Forjubi Indonesia Timur, Supardi Idris menyayangkan informasi maraknya kembali kegiatan illegal dikawasan Takabonerate khususnya di pulau Jinato.

Dan meminta kepada pihak terkait untuk turun melakukan pengawasan ketat di Taman Nasional Takabonerate, apalagi saat ini adalagi tambahan TNI Angkatan Laut di Selayar, tentu akan lebih baik bila dilakukan secara bersama mengawasi asset Taman Nasional Takabonerate dari kegiatan Illegal Fishing yang membahayakan lingkungan dan membahayakan nyawa pelakunya. (Lo2) 

BACA BERITA LAINNYA :
Pemkab Selayar Desak Pemerintah Pusat Agar 2 Orang Warganya Di Selamatkan

TONTON VIDEO TERBARU :
Video Seorang Pelaku Illegal Fishing Perlihatkan Cara Rakit Bom Ikan

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar