Selayar
Home » , , , , , , , » Bumdes Bisa Jadi Andalan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Bumdes Bisa Jadi Andalan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Penulis Media Selayar on Minggu, 27 November 2016 10.57.00

Bumdes ,Bisa Jadi Andalan, Peningkatan ,Kesejahteraan ,Masyarakat ,Desa
MEDIA SELAYAR. Belum beberapa bulan mendapat kepercayaan menjadi Kepala Bidang Pembangunan Dan Usaha Ekonomi Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Kelurahan (Bapemdeskel) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Andi Aswadi Kasim langsung tancap gas dibidangnya.

Andi Aswadi menjelaskan bahwa untuk mendukung gerak program Pemerintah Kab.Kep Selayar dan program Bupati Dan Wakil Bupati secara khusus maka tentu saja merupakan satu kewajiban bagi kami di jajaran bawah untuk aktif mengusulkan program yang dipandang mampu mendukung gerak pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar.

Diantaranya yang dilakukan adalah mendorong lahir dan berkembangnya BUMDes. Dimana saat ini sudah terbentuk sebanyak 40 BUM Desa se-Kabupaten Kep.Selayar. Insya Allah pada 2017 yang akan datang, target kita agar seluruh desa sudah memiliki Bumdes. Dan menurut Andi Aswadi, bahwa Bapak Bupati memberikan apresiasi penuh pada program ini, pasalnya salah satu tujuan pendirian Bumdes adalah dapat menopang dan memperbaiki harga komoditi yang nantinya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kami akan terus membantu Pemerintah Desa dalam melakukan penguatan dalam pembentukan BUMDes agar bisa berdiri di seluruh desa se-Kabupaten Kepulauan Selayar, ujar Andi Aswadi.

Andi Aswadi menambahkan bahwa pendirian BUMDes memiliki alasan yuridis formal yang menjadi amanat dari Undang-Undang Desa.Dan Secara substansial, UU No 6 tahun 2014 mendorong desa sebagai subjek pembangunan secara emansipatoris untuk pemenuhan pelayanan dasar kepada warga, termasuk menggerakan aset-aset ekonomi lokal. Posisi BUMDes menjadi lembaga yang memunculkan sentra-sentra ekonomi di desa dengan semangat ekonomi kolektif.

Target kita ada termasuk didalam program peningkatan dunia perikanan kelautan dan bidang pariwisata. Ini beralasan karena sejumlah desa-desa kita mempunyai letak strategis di kedua bidang tersebut. Selain itu sarana dan pra sarana teknologi informasi dan komunikasi desa juga harus ditingkatkan, untuk memudahkan masyarakat dalam mengikuti perkembangan pembangunan.(lo2)


BERITA LAINNYA :
  1. Bupati Kep.Selayar Angjansana Ke RSUD Dan Beri Bantuan Ke Pasien Kurang Mampu  
  2. Bupati Saksikan Produksi Perdana Pabrik Es Berdikari Selayar  
  3. Akses Masuk Pelabuhan Pelni Pamatata Selayar Kembali Terbuka  
  4. Pemukulan Gong Tandai Pembukaan Konkerkab Ke-2 PGRI Kab.Kep.Selayar

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar