Selayar
Home » , , , , , , , » Kabupaten Kepulauan Selayar Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Kabupaten Kepulauan Selayar Menuju Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata

Penulis Media Selayar on Jumat, 21 Oktober 2016 10.27.00

Kabupaten, Kepulauan, Selayar, Menuju, Kawasan, Ekonomi, Khusus, Pariwisata

MEDIA SELAYAR. Kabupaten Kepulauan Selayar termasuk daerah di Indonesia yang tercatat dalam Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN). Di Sulawesi selatan, daerah ini terdaftar bersama Makassar, Maros, Bulukumba, Sinjai , Sengkang, Toraja, Palopo. Daerah-daerah inilah yang termasuk dalam Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) dalam rencana induk pembangunan kepariwisataan nasional 2010 - 2025.

Hal diatas tertuang dalam program pemerintah pusat terkait Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang selanjutnya disingkat KSPN. Daerah-daerah yang tecatat adalah daerah yang memiliki kawasan yang dengan fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata nasional yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan
 
Tedaftarnya nama Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai KPPN sejalan dengan program KEK Pariwisata yang saat ini menjadi booming pembangunan di Kepulauan Selayar. Menurut Bupati Selayar, dalam beberapa kutipan media menuliskan bahwa Bupati Kep.Selayar, Muh.Basli Ali, memiliki tiga keinginan kuat yang menjadi program prioritas. "Selayar bisa menjadi Pusat Distribusi Logistik, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata, dan Pusat Industri Perikanan Terpadu"

Untuk mempercepat terealisasinya keinginan tersebut, dalam setahun ini, Muh.Basli Ali aktif bertemu langsung dengan kementerian dan pihak pihak terkait. Termasuk Pemkab Kep.Selayar juga sudah merencanakan dan menyiapkan berbagai fasilitas awal.

“Untuk KEK Pariwisata kami punya lahan 400 hektare. Untuk industri logistik maritim kami sudah menyiapkan lahan 3000 hektare. Sementara untuk terminal energi sudah ada lahan 2000 hektare. Investor tinggal membangun, kami akan memberikan dukungan penuh,” ungkap Basli Ali, dalam sebuah pertemuan.

Bupati Kep.Selayar ini juga telah bertemu Menteri Pariwisata di Jakarta terkait penyampaian potensi pariwisata di Kepulauan Selayar dan sangat mendapat respon positif dari Kemenpar yang langsung menyatakan dukungannya untuk mempromosikan Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Selayar. (Lo2)

BERITA TERKAIT Bupati Minta Kelengkapan Usulan Selayar KEK Pariwisata Diselesaikan

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar