Selayar
Home » , , , , , , , , , » Wakil Bupati Buka Rakor PUG Lingkup Skpd Pemkab.Kepulauan Selayar

Wakil Bupati Buka Rakor PUG Lingkup Skpd Pemkab.Kepulauan Selayar

Penulis Media Selayar on Kamis, 22 September 2016 14.49.00

Wabup H.Zainuddin Buka Rakor PUG (Foto : Yasin Humas)
MEDIA SELAYAR. Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, SH.MH hari ini Kamis (22/9) membuka resmi Rapat Koordinasi Penguatan Kelembagaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) lingkup SKPD Kab. Kep.Selayar Tahun 2016.  Pembukaan Rakor PUG berlangsung di ruang rapat pimpinan kantor Bupati Kep.Selayar, (22/9). yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Kepulauan Selayar dan SKPD lingkup Pemkab. Kepulauan Selayar.

Dalam sambutannya,DR.H.ZainuddinSH.MH, Wakil Bupati Kep.Selayar mengatakan bahwa Gender adalah perbedaan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan dalam konteks hubungan sosial yang berakibat pada perbedaan kedudukan, kewajiban dan peran. Dimana hal tersebut dipengaruhi oleh faktor ideologi, politik, ekonomi, agama, sejarah dan adat-istiadat.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan bahwa pelurusan persepsi yang keliru terhadap perempuan, mengharuskan Pemerintah untuk melakukan intervensi dengan merujuk pada berbagai bahan pertimbangan dan kebijakan yang telah ditetapkan. Menjabarkan dan mengejawantahkan kebijakan nasional serta kebijakan daerah tentang PUG yang membutuhkan Rakor PUG antara SKPD, sehingga dapat menghasilkan pola pikir, cara pandang, kesatuan bangsa, dan kesatuan gerak yang sama secara bertanggung jawab.

Drs. Suardi, Kepala Badan Pemberdayaan Dan Perlindungan Perempuan / Keluarga Berencana (BPP/KB) yang juga sebagai ketua panitia pelaksana rakor PUG, saat dimintai data dan informasi pelaksanaan menyampaikan bahwa peserta rapat berasal dari SKPD lingkup Pemkab Kep.Selayar antara lain Bappeda, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial.

Pengarus Utamaan Gender dalam pembangunan disikapi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan melaksanakan rakor untuk merencanakan sebuah program PUG serta akan menyiapkan data terpilih gender baik kuantitatif maupun kualitatif, melakukan analisis gender pada program kegiatan yang sudah dilakukan dan yang terakhir adalah menyusun penganggaran gender dalam RKA SKPD responsif gender.

Seusai dibuka oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar,DR.H.Zainuddin SH.MH, rapat koordinasi dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. (Lo2/Yasin)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar