.

Media Selayar

Medianya Orang Selayar

Home » , , , , , , » Pesta Rakyat Jalombong 2016 Diabadikan Dari Udara

Pesta Rakyat Jalombong 2016 Diabadikan Dari Udara

Penulis Media Selayar TV on Senin, 29 Agustus 2016 17.50.00

Pesta Rakyat Jalombong Dipantai Sangkulu-kulu Diabadikan dari udara oleh Pilot Drone Murah Kurniadi
MEDIA SELAYAR. Keramaian Pesta Rakyat Jalombong hari ini Senin 29/8 dipantai Sangkulu-kulu, Kecamatan Bontosikuyu Kab. Kep. Selayar diabadikan oleh Pilot Drone Humas Pemkab Kep. Selayar, Murah Kurniadi yang ikut menyaksikan dan meliput pesta rakyat tersebut.

Suasana Ramai saat Warga Mulai Turun Menaangkap Ikan Lompa (Drone Humas)
Setelah 3 tahun tidak terlaksana, Pesta Rakyat tahunan Jalombong yang merupakan salah satu kekayaan budaya dan warisan leluhur di Kab.Kep.Selayar kembali dilaksanakan tahun 2016 ini, dipantai Sangkulu-kulu Kecamatan Bontosikuyu. Pesta Rakyat tahun ini dinilai cukup special bagi warga Bontosikuyu karena dihadiri langsung oleh Bupati Kab.KepSelayar, Muh.Basli Ali dan Ibu serta sejumlah pejabat pemkab lainnya.

Jalombong adalah pesta rakyat tahunan dengan menangkap ikan lompa secara beramai-ramai di pinggir pantai. Ikan yang ditangkap adalah jenis ikan sarden kecil yang dinama dalam bahasa Selayar ikan lompa (Thryssa baelama)

Pesta rakyat Jalombong diawali dengan pelaksanaan ritual khusus oleh pawang di pantai Muara Sangkulu kulu. Selanjutnya Pawang memulai penangkapan dan diikuti oleh warga yang sudah siap untuk melakukan penangkapan ikan baik dengan jala, maupun dengan tangan atau anramasa.

Muara Sungai Sangkulu kulu Tempat Dilaksanakannya Pesta Rakyat Jalombong.
Menurut ceritanya bahwa pada zaman dulu, seorang to toa atau ahli alam akan berperan sebagai pawang yang akan melakukan ritual meminta kepada penjaga laut ditempat tersebut, yang konon adalah seekor buaya dan tinggal di sebuah gua bawah air di wilayah itu. Buaya atau sang penjaga laut inilah  yang akan menggiring ikan ke muara sungai Sangkulu-kulu selanjutnya ditangkap dengan jala oleh warga.(Redaksi)


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

BERLANGGANAN BERITA

 
Alamat Redaksi Jl.Mkr Bonto No 28 | Benteng Kab-Kep-Selayar -92812- email- radiocontrend at yahoo dot co dot id-
CP-081 241 927 000-Media Selayar--Sulawesi-Selatan--Indonesia
KAMI BANGGA- DAN BERTERIMA KASIH- KEPADA PEMBACA DAN PENDENGAR
STAY TUNE 98,3 FM--SEMUA UNTUK SELAYAR