Iklan

Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Bali PDD Kab.Kep.Selayar Ikuti Kuliah Umum Dari DR.H.Zainuddin,SH.MH

Media Selayar
Rabu, 10 Agustus 2016 | 16:43 WIB Last Updated 2021-08-27T06:18:29Z
Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Bali PDD, Kab.Kep.Selayar, Ikuti Kuliah Umum, Dari, DR.H.Zainuddin,SH.MH

MEDIA SELAYAR. Ratusan Mahasiswa Baru Politehnik Negeri Bali PDD Kabupaten Kep.Selayar tahun akademik 2016 - 2017, mengikuti kuliah umum otonomi daerah yang dibawakan oleh Wakil Bupati Kep. Selayar,DR. H. Zainuddin, SH.MH bertempat diruang pola kantor Bupati Kep. Selayar pada hari ini Rabu 10/8.


Dalam kuliah umumnya DR.H. Zainuddin SH.MH menjelaskan tentang struktur dan sistem pemerintahan. Mekanisme pemerintahan dan sejarah pemerintahan. 


Selain itu, H. Zainuddin banyak memberikan bahan bahan pembanding yang sumbernya dari materi undang-undang otonomi daerah yang saat ini dilaksanakan sebagai acuan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan. Memberikan beberapa contoh tentang pentingnya sebuah reformasi untuk sebuah pembangunan yang akan mensejahteraan masyarakat.


DR.H. Zainuddin SH.MH kemudian memperjelas kepada para mahasiswa bahwa arah kebijakan otonomi daerah adalah akselerasi atau percepatan bagi peningkatan kesejateraan masyarakat. Antara lain peningkatan pelayanan masyarakat, dengan barometer kepuasan masyarakat.


Kemudian pemberdayaan masyarakat, dimana sebelumnya harus ada peningkatan sumber daya dari masyarakat. Selanjutnya menjelaskan bahwa keberhasilan sebuah pemerintahan haruslah melakukan sinergitas dengan swasta dan masyarakat.


Menutup materi kuliah umum dihadapan ratusan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali,Program Diluar Domisili Kab. Kep.Selayar, H.Zainuddin memahami pilosofi dari undang-undang otonomi daerah, yakni pelimpahan kewenangan dari sumber kewenangan oleh  pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Sambil menerangkan jenis kewenangan yang diatur dalam undang-undang otonomi daerah saat ini.


Perguruan tinggi Politeknik Negeri Bali membuka program kerjasama disektor pendidikan dengan KLabupaten Kep.Selayar dengan membuka program Diluar Domisili Kabupaten Kep.Selayar. Dalam angkatan pertama mahasiswa baru saat ini, ada 141 orang maba, yang dibagi dalam jurusan pilihan maba masing-masing. Yakni jurusan Akomodasi Perhotelan dan UBperjalanan Wisata, Demikian dijelaskan oleh H.Patta Bone selaku pengelola perguruan tinggi ini di Selayar.


Sementara itu, seusai menerima mata kuliah umum dari Wakil Bupati Kep.Selayar, maba kemudian melanjutkan dengan materi kuliah Wisata Bahari dikaitkan dengan dunia perikanan dan kelautan. Mata kuliah ini diabawakan oleh DR. Ir. Marjani Sultan Msi. Kepala Dinas Perikanan Kab. Kep.Selayar. (Lo2).
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Bali PDD Kab.Kep.Selayar Ikuti Kuliah Umum Dari DR.H.Zainuddin,SH.MH

Trending Now

Iklan