Home » » Pemkab Kep.Selayar Dan Bank Indonesia Teken MoU Peningkatan UMKM Sektor Perikanan

Pemkab Kep.Selayar Dan Bank Indonesia Teken MoU Peningkatan UMKM Sektor Perikanan

Penulis Media Selayar on Sabtu, 30 Juli 2016 16.28.00

Pemkab Kep.Selayar Dan Bank, Indonesia, Teken ,MoU, Peningkatan, UMKM, Sektor ,Perikanan
 
MEDIA SELAYAR. Kegiatan penandatangan Kerja Sama (PKS) digelar di Novotel Hotel, Selasa (26/7/2016). BI menjelaskan, akan ada dua hal yang menjadi fokus kerja sama. Pertama, Bank Indonesia akan membantu pelaku UMKM di Selayar dan yang kedua adalah memperkuat edukasi terhadap UMKM di Selayar.

"Karakter masyarakat Selayar yang taat dalam membayar cicilan kredit dibank teebukti dari NPL nya yang hanya mencapai 0,9 persen. Sayangnya nilai kreditnya baru mencapai 85 persen dari total DPK yang terhimpun. Artinya potensi perkreditan di Selayar masih sangat besar, termasuk kredit UMKM," jelas Kepala BI Sulsel Dadi Haryadi dalam sambutannya sebelum penandatanganan MoU.

Bupati Kep.Selayar, Muh.Basli Ali yang ditemui sesaat setelah acara penandatangan mengatakan, bahwa saat ini di Selayar ada 15.000 UMKM dan tahun depan ditargetkan tumbuh dua kali lipat pada tahun 2017 mendatang.
"Belum semua dari UMKM ini tersentuh pendanaan dari bank. Makanya, kita butuh bantuan BI agar seluruhnya bisa tersentuh pembiayaan dari perbankan," katanya.

Muh Basli Ali juga mengatakan,bahwa MOU tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung pengembangan UMKM di daerah dengan pendekatan pengembangan ekonomi agar tercipta pusat - pusat aktivitas ekonomi baru secara berkelanjutan melalui optimalisasi sumber daya lokal.

Secara tegas Basli menyatakan bahwa "Kepulauan Selayar memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi sektor kelautan dan perikanan," (kt2/HmsSLY)

Merespon meningkatnya potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor perikanan dan pemberdayaan perempuan di Selayar, Bank Indonesia (BI) menggandeng pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengembangkan dan membina UMKM. (*)

BACA JUGABupati Minta Kelengkapan Usulan Selayar KEK Pariwisata Diselesaikan

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

CARI BERITA