Selayar
Home » , , , , , » KMP.Balibo Rusak Penyeberangan Bira Pamatata Selayar Lumpuh

KMP.Balibo Rusak Penyeberangan Bira Pamatata Selayar Lumpuh

Penulis Media Selayar on Jumat, 22 Juli 2016 14.59.00

KMP.Balibo ,Rusak , Penyeberangan, Bira ,Pamatata ,Selayar ,Lumpuh
Dok : Lolo "Media Selayar"
MEDIA SELAYAR. Hingga berita ini tayang pada Jumat 22/7 siang, kapal Feri KMP. Balibo milik PT Asdp Indonesian Feri yang melayani jalur penyeberangan pelabuhan Bira - Pamatata Selayar masih belum beroperasi, akibat kerusakan yang dialami kapal tersebut. Demikian dijelaskan oleh Pak Aryo salah seorang personil amatir radio yang memantau perkembangan transportasi Makassar Selayar. 

 Menurutnya, kapal feri km.Balibo mengalami kerusakan pada pompa oli, namun menyilahkan media ini untuk mengkonfirmasi langsung ke pengelola. Selanjutnya menjelaskan bahwa hingga siang hari ini ( Jumat Red) belum ada informasi detil dari pemantau amatir terkait hal kerusakan. Dirinya hanya menyebut belum ada informasi lanjutan. Sekaligus menambahkan bahwa betapa sulitnya mencari informasi terkait pelayanan kapal Feri Kmp. Balibo yang tidak operasi tersebut.

 Sementara itu dari hasil pemantauan Media ini dari pelabuhan Bira ke Pelabuhan Pamatata Selayar sehari sebelumnya mendapati kacaunya sistem pengaturan kendaraan dan penumpang orang yang akan melintasi jalur pelayaran ini. Betapa tidak, belum lagi penumpang turun dari atas kapal yang diangkut dari pelabuhan Bira, eh penumpang dan kendaraan yang telah menunggu dipelabuhan Pamatata telah naik ke atas kapal. Jadinya kacau dan hiruk pikuk seperti tidak ada yang mengatur. 

Pantauan lainnya dipelabuhan Bira dan Pamatata, penumpang yang menggunakan jasa mobil travel, tidak diberi tiket penumpang. Penumpang pengguna jasa ini hanya membayar kontan kasur dan tempat tidur diatas kapal sebesar 20ribu per kasur. Menurut petugas penagih bahwa pembayaran ini untuk kelas Vip yang memang ada kasur yang disiapkan.

Penyeberangan pelabuhan Bira - Pamatata yang merupakan urat nadi perekonomian warga Kepulauan Selayar hingga saat ini, sejak KMP Bontoharu tidak beroperasi masih terus menyisakan tumpukan kendaraan yang akan melintas, karena kapasitas kapal yang tidak mampu mengangkut penumpang, selain itu kapal Kmp. Balibo dinilai tidak laik melayani penyeberangan Selat Selayar karena tidak mampu bermanuver  secara lancar saat akan sandar didermaga.

Warga berharap kiranya pemerintah segera melakukan evaluasi atas pelayanan kapal ini atau setidaknya berupaya mencari alternatif atas transportasi warga Kep. Selayar yang lebih baik dan lebih lancar.


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar