Selayar
Home » , , , , » Nur Kamar Himbau Warga Kep. Selayar Tetap Jaga Lingkungan

Nur Kamar Himbau Warga Kep. Selayar Tetap Jaga Lingkungan

Penulis Media Selayar on Jumat, 23 Januari 2015 12.16.00

Nur Kamar Himbau ,Warga Kep. Selayar, Tetap, Jaga, Lingkungan
Ir.Nur Kamar,Kadis Lingk.Hidup Kep.Selayar 
MEDIA SELAYAR. Bila vegetasi lahan tidak segera dilakukan pada sejumlah lahan kritis sesuai parameternya maka dikawatirkan akan menjadi penyebab naiknya permukaan air laut akibat tidak adanya penyerapan yang alami, karena lahan yang rusak. 

Bisa dibayangkan ketika salah hasil penelitian yang pernah dilaksanakan di Kepulauan Selayar memperkirakan sejumlah pulau pulau kecil di Kepulauan Selayar akan tenggelam oleh permukaan air laut pada 20 tahun yang akan dating, hal ini akan terjadi bila lingkungan hidup di wilayah Kepulauan Selayar tidak dijaga dan dipelihara. Demikian dijelaskan oleh Ir.Nur Kamar Msi, Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar (21/1) diruang kerjanya .

Lebih lanjut Nur Kamar menjelaskan bahwa salah satu prioritas program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar di bidang Lingkungan hidup adalah penanganan lahan kritis , yang jumlahnya hampir mencapai separuh dari wilayah Kepulauan Selayar, tersebar di 10 kecamatan dan semuanya telah kami teliti. 

Dan memang inilah kondisi alamnya disebut sebagai lahan kritis sesuai parameter lahan, jadi disebut sebagai lahan kritis bukan karena dirusak oleh manusia sehingga rusak dan kritis seperti orang sakit, tapi jenis lahan di daerah kita ini yang memang mengalami kritis karena alam, jelas Nur Kamar , yang menyebutkan bahwa tingkat kerusakan lingkungan pada lahan kritis di Kepulauan Selayar yang telah didata oleh badan yang dipimpinnya masih pada tingkat kewajaran atau masih dibawah parameter kerusakan lingkungan. 

 Buktinya dari hasil penelitian terakhir yang dikerjasamakan dengan mahasiswa salah satu perguruan tinggi nasional di Indonesia yang dating ke Selayar melakukan penelitian pertengahan tahun lalu, mencatat bahwa sumber air baku di kandungan Kepulauan Selayar masih normal dan sangat banyak namun semuanya tidak dapat dibiarkan begitu saja, karena bisa saja semuanya rusak karena lingkungan yang tidak terjaga tegasnya. 

Dalam waktu dekat ini, kami Badan Lingkungan hidup yang dipimpinnya kembali akan melakukan vegetasi lahan kritis disejumlah lahan kritis di 10 wilayah kecamatan se-kabupaten Kep.Selayar.

Salah satu langkah nyata yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar adalah melakukan vegetasi lahan kritis ke seluruh wilayah dan lahan yang telah disurvey sebelumnya. 

Tidak tanggung tanggung, karena Bapak Bupati Kep. Selayar memerintahkan kepada Badan Lingkungan Hidup menyiapkan tanaman dan bibit untuk ditanam di lokasi yang dinilai merupakan lahan kritis, jelas Nur Kamar. 

 “ Beliau sangat memperhatikan Lingkungan Hidup, termasuk lingkungan di tengah tengah masyarakat kota , sehingga wajarlah kalau kemudian Kep. Selayar meraih adipura bidang Lingkungan hidup tahun 2014 “ . 

Boleh dibilang seluruh penanaman pohon pohon kayu berproduksi di lahan kritis di Kepulauan Selayar tak lepas dari perjuangan Bapak Bupati Drs. H. Syahrir Wahab MM selama hampir lima tahun terakhir, jelas Nur Kamar. Semua kegiatan lingkungan hidup tak lepas dari dukungan dan perhatian Belaiu sebagai pemimpin di Bumi Tanadoang.

Menutup perbincangan, Ir.Nur Kamar Msi, berharap kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga lingkungan demi kehidupan yang akan datang. 

Bila ada keluhan dan informasi terkait pengrusakan lingkungan di Kep.Selayar silahkan laporkan ke Kantor Badan Lingkungan Hidup ,dan kami akan segera tindak lanjuti, kunci Nur Kamar , pejabat Kepala Badan Lingkungan Hidup Kep. Selayar kelahiran Batangmata ini.

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar