Selayar
Home » , » Bapemdeskel Sosialisasikan Program Desa Mandiri Energi Di Kahu-Kahu

Bapemdeskel Sosialisasikan Program Desa Mandiri Energi Di Kahu-Kahu

Penulis Media Selayar on Kamis, 09 Mei 2013 21.05.00

Tim Bapemdeskel Selayar Bapemdeskel Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar menggandeng program kemitraan masyarakat pedesaan Pnpm Mandiri 2013 pada awal pekan bulan ini melaksanakan sosialisasi program Desa Mandiri Energi di Desa Kahu-kahu Kecmatan Bontoharu Kabupaten Kep.Selayar. 

Camat Bontoharu dan sejumlah pejabat desa turut hadir dalam pertemuan dengan masyarakat Kahu-kahu dengan agenda sosialisasi pemanfaatan energi alternatif dalam penyediaan kebutuhan dasar masyarakat dibidang kelistrikan. Kepala Bapemdeskel dan para pelaksana program Pnpm Mandiri juga terpantau hadir.

Dalam sosialisasi diterangkan bahwa salah satu target dari program PNPM di Kabupaten Kep.Selayar adalah program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat desa khususnya yang berada jauh dari ibu kota Kabupaten dimana aliran listrik yang merupakan bahan dasar kebutuhan saat ini belum menjangkau.

Melalui pemberdayaan masyarakat desa dan Kelurahan (Bapemdeskel) Pemkab Kep.Selayar untuk tahun ini mengupayakan terbangunnya kemitraan antara 600 KK lebih masyarakat desa Kahu-Kahu Kecamatan Bontoharu dan PNPM Mandiri guna pemenuhan kebutuhan dasar listrik dengan mengoptimalkan energi alter natif yang tersedia di desa Kahu-Kahu.

Perlu diketahui bahwa desa Kahu-Kahu berada di wilayah kepulauan sebelah barat Pulau Selayar, sehingga sangat sulit terjangkau aliran listrik PLN yang saat ini melayani masyarakat Kabupaten Kep.Selayar secara umum.

Ada 3 energi alternatif selain tenaga diesel yang diharapkan bisa dan mampu menyiapkan kebutuhan listrik masyarakat desa Kahu-Kahu. Mengingat wilayahnya berada di pulau pasi gusung, maka yang dilirik yakni listrik energi arus laut, kemudian listrik energi mata angin dan listrik energi cahaya matahari.

Namun setelah mempertimbangkan kemampuan dari masyarakt desa baik ditinjau dari segi pengadaan dan pemeliharaannya maka Bapemdeskel melalui program kemitraan PNPM Mandiri pada bagian Pemberdayaan masyarakat

Desa melalui pengeolahan tehnologi tepat guna, kemudian mensosialisasikan pemanfaatan energi tenaga surya atau cahaya matahari sebagai energi yang paling pas dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan listriknya.

Muh Shaleh PPTK pelaksanaan Program Fasilitas Desa Mandiri , menjelaskan bahwa pada intinya hal ini adalah salah satu program pemberdayaan yang termasuk dalam program PNPM Mandiri di kabupaten Kep.Selayar tahun 2013 ini. Sehingga kami dibidang pemberdayaan masyarakat desa dan Kelurahan berkewajiban melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat .

Muh.Shaleh memberi contoh tentang Desa Mandiri Energi yakni desa Bungaya di Kecamatan Bontomatene dan Desa Appatanah Kecamatan Bontosikuyu. Melalui pemanfaatan tehnologi tepat guna , dalam program kemitraan PNPM Mandiri, telah memanfaatkan energi angin menjadi listrik di desa Bungaya dan Energi Cahaya Surya di Desa Appatanah. Insya Allah,

Program Kemitraan Pnpm Mandiri dan 1300 KK masyarakat desa Kahu-Kahu yang butuh penerangan listrik murah dan gampang dipelihara untuk tahun ini akan menyusul selanjutnya., tegas Muh.Shaleh.

Sosialisasi Fasilitas Desa Mandiri Energi yang dilaksanakan oleh Bapemdeskel melalui program PNPM Mandiri dihadapan masyarakat desa Kahu-Kahu dan Pemerintahan desa serta Kecamatan Bontoharu berlangsung pada pekan pertama bulan Mei 2013 lalu.

Diharapkan melalui hasil sosialisasi desa mandiri energi untuk desa Kahu-Kahu terwujud pada tahun ini juga melalui program kemitraan PNPM Mandiri., demikian dijelaskan oleh Kepala Bapemdeskel Drs.Ahmad Aliefyanto MM (8/5) di kantor Bupati Kep.Selayar .

Kami sangat antusias karena ini juga merupakan dorongan kuat dari Bapak Bupati Kep.Selayar terkait peningkatan program pemberdayaan masyarakt desa khususnya desa yang belum menikmati listrik aliran PLN karena terkendala faktor alam. (R.01/Sigit)

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar