Selayar
Home » , » Pembiayaan Politik 2014 Akan Meningkat

Pembiayaan Politik 2014 Akan Meningkat

Penulis Media Selayar on Senin, 08 April 2013 07.30.00

Pembiayaan, Politik, 2014, Akan ,Meningkat
Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengatakan biaya politik tahun 2014 akan meningkat dari tahun 2009. Hal itu seperti hasil penelitiannya yang menyebut terdapat kenaikan sekitar 3,5 kali lipat pada biaya politik sebelumnya, dari tahun 2004 ke tahun 2009.

"Sekitar Rp 500-800 juta pada waktu 2004 menjadi sekitar Rp 1,2-2 miliar untuk tahun 2009. Ini menunjukkan bahwa peningkatan pembiayaan yang cukup besar dan ini menjadi beban yang luar biasa," ujar Pramono.

Hal itu dikatakan Pramono saat pembukaan dalam Seminar bertajuk 'Membangun Akuntabilitas Partai Politik: Menaklukkan Korupsi' di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (13/3).

Apalagi, menurut Pramono, belum adanya perubahan sistem politik dan sistem pendanaan partai politik menyebabkan bengkaknya biaya politik. Pramono memprediksi biaya pemilu akan lebih besar bagi perseorangan caleg, lantaran sistemnya tetap proporsional dan terbuka.

"Sampai hari ini belum ada perubahan sistem, karena pada pemilu 2014, sistemnya tetap proporsional terbuka dan saya memprediksi biaya pemilu juga akan lebih besar bagi perseorangan untuk maju sebagai anggota legislatif dibanding yang lalu. Karena sistemnya masih sama," jelasnya.

Pramono juga mengatakan parpol sebaiknya memiliki badan usaha untuk mengisi sumber pendanaan kampanye. Hal ini bertujuan agar pendanaan parpol tidak terjebak pada tindakan-tindakan yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

"Lebih baik parpol memiliki badan usaha yang kemudian nantinya secara terbuka diawasi oleh publik dan anggotanya. Kalau badan usaha itu sdh bisa di go public, maka ada kontrol dan check and balances dari publik dan masyarakat serta anggota parpol sendiri," jelasnya.


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar