Iklan

Cuaca Buruk Kembali Isolir Warga Kepulauan Selayar

Media Selayar
Minggu, 13 Januari 2013 | 23:07 WIB Last Updated 2017-04-19T01:00:31Z
Cuaca Buruk,Kembali Isolir ,Warga ,Kepulauan Selayar

MEDIA SELAYAR. Cuaca buruk yang menerjang wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar kembali melumpuhkan hubungan transportasi ke wilayah Selayar. Baik yang mau ke Selayar dan keluar Selayar tertahan dipelabuhan Pamatata dan Bira di Kabupaten Bulukumba. Hal ini telah berlangsung sejak Jumat (11/1) lalu.

Sehari sebelumnya dikhabarkan Feri KMP Bontoharu bertolak dari pelabuhan Bira ( pukul 16.00 Wita) tujuan Pamatata memuat kendaraan dan penumpang namun tidak dapat menembus selat Selayar, Feri yang dioperasikanoleh PT.ASDPIndonesia Feri ini dihadang gelombang dan angin hingga terseret arus eke arah timur hingga dipastikan selamat pada pukul 22.00 Wita merapat dipelabuhan Pamatata Selayar. 

Belum ada kepastian kapan jalur transportasi laut dengan kapal feri yang melalui Selat Selayar ini dapat beroperasi. Supriadi Manager Operasional PT.ASDP Indonesia Feri saat berupaya dihubungi (12/1) melalui nomornya tidak mendapat jawaban kemungkinan akibat signal seluler yang kadang terganggu.

Sementara itu jalur transportasi udara di Bandara Areopala Padang Selayar yang diterbangi oleh pesawat dari Bandara Hasanudin Makassar hingga saat ini masih lumpuh pasca tidak beroperasinya Ekspress Air sejak 2 bulan lalu. 

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar masih terus berupaya melakukan lobi ke beberapa perusahaan penerbangan seperti Merpati dan Lion Air untuk bisa mengisi jalur ini. H.Saiful Arief SH Wakil Bupati Kepulauan Selayar menyatakan bahwa Bupati Kep.Selayar masih terus mengupayakan adanya maskapai penerbangan yang bisa melayani masyarakat Selayar. Sementara untuk penyeberangan kapal Feri kami juga sementara melakukan upaya agar tidak lagi terhambat seperti ini, tegas H.Saiful.

Syahrullah, petugas KPLP pelabuhan Rauf Rahman Benteng yang biasanya digunakan oleh kapal-kapal pelayaran Rakyat tujuan wilayah kecamatan Kepulauan Selayar misalnya ke Pulau Jampea dan Bonerate serta ke Pasitallu dan sekitarnya juga lumpuh sejak cuaca dan gelombang menghantam perairan Kabupaten Kep.Selayar. 

Untuk sementara bisa dicek ke pelabuhan Pattumbukan di Kecamatan Bontosikuy yang berada di Bagian timur Selayar yang biasanya digunakan sebagai pelabuhan alternatif bila dibagian barat Selayar dilanda cuaca buruk Namun yang pasti Syahrulah menegaskan bahwa bila seperti ini maka mustahil akan ada yang berani melaut.

Selain transportasi yang lumpuh, komunikasi pun mengalami gangguan. Misalnya jaringan komunikasi seluler setiap saat mengalami gangguan. Kemungkinan besar disebabkan terjadinya pemadaman listrik yang setiap saat berlangsung. BTS disinikan ada yang menggunakan aliran listrik PLN ujar Faisal salah seorang tehnisi komunikasi (11/1) di sebuah gardu seluler di benteng Selayar. 

Faisal juga membenarkan bila komunikasi ke 5 kecamatan yang berada di Kepulauan Selayar tidak dapat digunakan karena memang pada BTS di pulau dan beberapa titik repieter mengalami gangguan catu daya faktor penala catu daya tenaga matahari tidak pernah mendapat terik matahari.

Belum ada yang bisa memastikan kondisi yang mengisolasi Selayar dengan daerah lainnya dapat kembali normal. (Red)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cuaca Buruk Kembali Isolir Warga Kepulauan Selayar

Trending Now

Iklan