Iklan

Artikel Tentang Asal-Usul Penamaan Selayar

Media Selayar
Selasa, 06 November 2012 | 20:56 WIB Last Updated 2017-04-19T04:09:19Z
MEDIA SELAYAR. Sebenarnya Selayar bukanlah nama salah satu suku, tapi nama pulau. Yang mendiami Pulau Selayar sekarang ini terdiri dari berbagai macam suku seperti Suka Makassar, Suku Bugis, Suku Bajo, Suku Tionghoa, Arab dan lainnya dan sudah membaur semua.

Menurut saya pribadi, kecil kemungkinan Orang Selayar berasal dari Jawa, dilihat dari berbagai aspek. 1. Face/muka. Muka orang Jawa dan Selayar tidak mirip. Kulit sawo matang tidak bisa jadi ukuran bahwa itu sama.

2. Adat istiadat, saya lihat tidak ada yang sama.3.Orang Jawa bukan tipe orang yang suka berlayar tetapi cenderung menempati pulau besar/daerah yang luas. Bahwa banyak Orang Jawa yang jadi pelaut itu kemudian karena sudah ditraining dan sekolah jadi pasti bisa berlayar.

Pengalaman saya tinggal di Pulau Jawa, merasakan bahwa adat istiadat di Tanah Jawa sama sekali tidak mirip dengan Selayar. Adat istiadat di Selayar lebih mirip dengan adat istiadat yang ada di Tiongkok.

Di Tiongkok sendiri ada salah satu suku namanya Suku Salar dan kalau saya lihat posturnya mirip2 Orang Sulawesi, agak pendek dan bermata agak-agak sipit. Tapi saya tidak bisa memastikan apakah itu yang kemudian ke Selayar.

Terus saya juga pernah merantau ke Pulau Formosa atau Taiwan, disini ada beberapa adat istiadat dan cara-cara masak makanan mirip dengan cara-cara di Selayar. Nah sebagai tambahan bahwa penduduk Taiwan sekarang ini berasal dari China Daratan/Tiongkok dan dintaranya ada mungkin ada Suku Salar.

Terus saya pernah diajak nonton sama teman dari Formosa, setelah selesai nonton saya ditanya : Bagaimana pendapatmu tentang film tadi. ?? Saya jawab bahwa film ini berkisah tentang petualangan dan ini juga dikisahkan secara turun temurun di Selayar.

Lalu saya bandingkan dengan adat istiadat Indo China/Vietnam...ini juga ada kemiripan dengan adat istiadat Selayar...sampai saya heran. Dan jangan salah...ada benda di Selayar namanya NEKARA persis sama dengan di Indo China.

Ada teman saya Orang Jawa, mereka tidak bisa akur dengan Vietnam, tetapi saya justru bisa lebih akur dengan mereka. Sifat keterbukannya jelas dan tidak basa-basi. Kalau Jawa kan kebanyakan basa-basi.

Mari makan..tapi dia makan sendiri, kalau Orang Indo China paling pantang ngajak orang makan kalau memang tidak akan memberi makanan. Nah Orang Selayar juga demikian.Saya pernah membaca artikel ( lupa apa namanya ) sewaktu saya masih di Indonesia.

Dalam artikel tersebut dikatakan bahwa Orang Selayar sebetulnya adalah percampuran antara penduduk pribumi dengan Suku Tionghoa. Tentu saja tidak akan sama dengan Tionghoa sekrang ini karena berbeda agama, tetapi secara adat istiadat dan kekerarabatan sangat banyak persamaan. Indo China juga pada awalnya berasal dari China dan penduduk sekarang ini merupakan percampuran antara penduduk pribumi di Indo China dengan masyarakat dari Tiongkok. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Artikel Tentang Asal-Usul Penamaan Selayar

Trending Now

Iklan