Selayar
Home » , » Warga Miskin di Kabupaten Bantaeng Bertambah

Warga Miskin di Kabupaten Bantaeng Bertambah

Penulis Media Selayar on Kamis, 22 September 2011 02.43.00

MEDIA SELAYAR. Jumlah rumah tangga miskin (RTM) di Bantaeng tahun 2011 ini terus bertambah. Bahkan peningkatan jumlah warga kurang mampu itu cukup mengejutkan, dari 17.713 RTM pada 2010, kini meningkat hingga 22.500 RTM pada 2011.

Meski data yang dirilis Biro Pusat Statistik (BPS) Bantaeng tersebut masih bersifat sementara atau masih memungkinkan terjadi perubahan angka, namun peningkatan jumlah orang miskin itu sangat mengejutkan anggota Komisi DPRD Bantaeng, ketika melakukan rapat kerja dengan BPS Bantaeng, Senin (19/9/) di gedung DPRD.

"Data yang kami sampaikan masih bersifat sementara, karena data itu masih perlu diolah. Bisa saja jumlah tersebut mengalami penurunan bisa juga naik tergantung hasilnya nanti," jelas Hadianto, Kepala seksi Sosial BPS

Bantaeng, didampingi Kasi Produksi, Agus M Yamin.

Menurut dia, metode yang dilakukan dalam menentukan jumlah RTM berbeda dengan tahun lalu dan berlaku secara nasional. Jika sebelumnya data orang miskin diperoleh melalui pengajuan atau usulan nama dari Ketua RT setempat, namun kali ini diperoleh berdasarkan usulan dari tiga RTM setiap wilayah pendataan.

Berdasarkan Sensus Pendududk (SP), Jumlah RTM yang dilakukan BPS sejak tiga tahun terakhir, mulai 2008 penduduk miskin Bantaeng capai 10,94 persen, 2009 mengalami penurun menjadi 9,96 persen dan pada 2010 kembali meningkat 10,25 persen. Bahkan pada 2011 ini jumlah itu semakin meningkat atau melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah pusat sebesar 40 persen RTM.

"Jika mengacu kuota RTM yang ditetapkan pemerintah sebesar 40 persen, maka jumlah RTM mencapai 21.781 RTM. Namun dari pendataan yang kami lakukan jumlahnya sudah melampaui yaitu 22.500 RTM, tapi lagi-lagi data ini masih bisa berubah, " ujarnya lagi.

Sementara dari delapan kecamatan di Bantaeng, Pa'jukukang, menempati posisi pertama terbanyak warga miskinnya. Dari 7047 jumlah rumah tangga yang di Sensus terdapat 4813 RTM. Hanya Kecamatan Bantaeng dan Sinoa yang menggembirakan.

Sementara Komisi I DPRD Bantaeng, pada rapat kerja tersebut, mengaku cukup kaget dengan peningkatan jumlah orang miskin di Bantaeng. Padahal diharapkan jumlah orang miskin di Bantaeng alami penurunan, tapi faktanya cukup mencengangkan.

"Kami tak habis pikir kok bisa jumlah orang miskin di Bantaeng semakin banyak. Tapi yang pasti hal ini akan menjadi bahan evaluasi bagi kami, " kunci Ketua Komisi I Anas Hasan, didampingi Wakil Ketua Komisi I, Nurdin Halim. (*)




Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar