Home » , » Panen Raya Jampea Jadi Bukti Kemajuan Dan Keberuntungan Selayar

Panen Raya Jampea Jadi Bukti Kemajuan Dan Keberuntungan Selayar

Penulis Media Selayar on Kamis, 22 September 2011 17.59.00

Panen, Raya, Jampea, Jadi, Bukti ,Kemajuan ,Dan, Keberuntungan ,Selayar

MEDIA SELAYAR. Kendati di sejumlah daerah di tanah air mengalami kekeringan yang sebagian mengakibatkan sejumlah lahan persawahan puso, di Kabupaten Kepulauan Selayar malah sebaliknya ratusan petani padi yang berada di Pulau Jampea kabupaten ini terpantau mempersiapkan pesta panen raya yang berlangsung besok di tanah Jampea. Setidak ribuan hektar sawah yang di airi oleh pengairan milik ribuan petani di pulau ini besok Jumat (23/9) akan mulai melaksanakan panen.

Pesta panen raya tahun ini memang agak sedikit berbeda dengan panen rafya tahun tahun sebelumnya, pasalnya panen tahun ini dilaksanakan dengan gembira,karena musim kering yang telah di lalui dalam sebulan terakhir tidak menyebabkan padi petani terserang hama siang atau mengalami puso jelas Muh. Arfah dan Patta Rapi warga petani pulau Jampea yang juga melaksanakan panen pada lokasi sawahnya besok selepas shalat Jumat. 

Ke dua warga petani jampea ini di temui Elshinta sesaat sebelum kapal yang akan mereka tumpangi dari pelabuhan rauf rahman bertolak ke pelabuhan benteng pulau Jampea, setelah mereka membeli sejumlah kelengkapan pesta panen raya besok di pasar central Bonea di Ibu kota Kabupaten Selayar ini. 

Kepada Elshinta ditambahkan bahwa ratusan petani jampea besok dipastikan akan melaksanakan pesta rakyat terkait panen raya tahunan atas keberhasilan sawah mereka berproduksi ditengah tengah panasnya musim saat ini.

Sementara itu hari ini Kamis (22/09) puluhan kendaraan dinas yang merupakan rombongan pejabat pemerintah kabupaten kepulauan selayar sulawesi-selatan terpantau menuju ke wilayah kepulauan Jampea yang merupakan pulau ke dua terbesar di daerah ini. 

Pulau jampea terdiri dari dua kecamatan yakni kecamatan Pasimasunggu dan Pasimasunggu timur yang termasuk wilayah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai lumbung pangan dan pusat perdagangan antar pulau selain kecamatan Takabonerate sebagai daerah nelayan dan Pasimarannu serta Kecamatan Pasilambena yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi-Tengara.

Panen raya petani jampea Selayar tahun ini tidak lepas dari tangan tangan dingin pemerintah yang setiap saat melakukan kontrol dan penyuluhan pertanian kepada para petani, setidaknya faktor keberuntungan petani Selayar adalah yang utama.




Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

2 komentar:

  1. Panen raya di tanah Jampea adalah salah satu keberhasilan di bidang pertanian di Kabupaten Kepulauan Selayar itu musti diakui mudah2an di bidang2 yang lain bisa juga berkembang dan pemba ngunan itu bisa merata ke semua daerah di Kabupa ten Kepulauan Selayar ini,jadi bukan hanya satu tempat dan satu jenis saja,tetapi semua Daerah di Kabupaten Kepulauan Selayar ini musti berha sil sesuai peruntukannya(jenis yang cocok di kembangkan di tempat itu) supaya Pembangunan bisa berhasil di segala bidang dan semua Daerah berkembang di Kabupaten Kepulauan Selayar ini baru bisa di katakan berhasil, sekarang masih banyak bagian tempat di Kabupaten Kepulauan Sela yar ini masih susah belum begitu tersentuh utama nya di PANTAI TIMUR SELAYAR petensi alamnya men dukung utamanya ikan,peternakan, pertanian, dan PARAWISATA tetapi bisa di katakan belum tersentu sama sekali sebab sentuhannya belum berarti,mela lui info.ini supaya pihak2 yang terkait bisa menengok kami sebagai bahagian dari Kabupaten Kepulauan Selayar......!!!!!!

    BalasHapus
  2. Semua yang kami lihat selama ini memang cukup beruntunglah masyarakat selayar bila memaksimalkan semua sektor. Pemerintah cukup memberikan peluang untuk berkembang.

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

CARI BERITA