Selayar
Home » , » Selasa 30 Agustus 2011 Muslim Makkah Rayakan 1 Syawal 1432

Selasa 30 Agustus 2011 Muslim Makkah Rayakan 1 Syawal 1432

Penulis Media Selayar on Selasa, 30 Agustus 2011 05.42.00

Selasa, 30 Agustus 2011, Muslim ,Makkah ,Rayakan, 1 Syawal 1432
Add caption"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, La ilaha ilallah huwalallahu akbar, Allahu Akbar walilahil hamdu". Gema takbir berkumandang dari dua kota suci, Makkah al Mukaramah dan Madinah al Munawarah Arab Saudi.

MEDIA SELAYAR. Jutaan umat muslim dari berbagai belahan dunia menggemakan takbir sebagai tanda 1 Syawwal 1432 H telah tiba. Selepas salat Isya berjamaah, umat muslim di Masjid Nabawi Madinah dan Masjidil Haram Makkah terus menyerukan lantunan takbir.

Hal ini seperti yang dituturkan warga Indonesia dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Asmar Nasution. Selama hampir 16 tahun bermukim di kota Makkah Arab Saudi, Asmar mengatakan kegembiraannya. Di Makkah, lanjut dia, suara takbir terus bergema.

"Alhamdulillah saya bergembira karena saat ini sudah takbir. Selepas solat Isya pukul 20.54 waktu Saudi, para jamaah terus mengumandangkan takbir tanpa henti-hentinya," ujar Asmar Nasution kepada Tribun, Selasa (30/8/2011) pukul 01.30 WIB.

Menurut dia, setelah takbir berkumandang, jamaah tidak lagi melaksanakan solat sunah Tarawih berjamaah seperti malam-malam sebelumnya. Sebagian dari mereka melakukan ibadah secara individual, seperti tadarus Al Quran, zikir, solat sunah, atau ibadah lainnya.

"Jamaah tetap bertahan di dalam Masjidil Haram untuk bertakbir, namun ada juga yang melakukan ibadah sunah seperti tadarus Alquran, thawaf (mengelilingi Ka'bah), solat sunah, dan sebagainya," tambah Asmar Nasution.

Menurut dia, ketetapan 1 Syawwal 1432 Hijriah sudah diumumkan oleh Raja Pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia, Malik Abdul Azis, Senin (29/8/2011). Pengumuman itu disiarkan langsung melalui dua stasiun televisi, King Saudi Arabia 1 (Makkah) dan King Saudi Arabia 2 (Madinah).

Hal senada juga dikatakan Muhammad Nuruddin, mahasiswa asal Lombok Indonesia yang kini sedang mengenyam pendidikan di Makkah. Kata dia, setelah ada ketetapan resmi, seluruh umat muslim di Makkah dan Madinah tidak lagi melakukan puasa Ramadan.

"Senin 29 Agustus 2011 selepas salat Maghrib, Raja Malik Abdul Azis mengumumkan 1 Idul Fitri yang bertepatan dengan hari Selasa 30 Agustus 2011. Jadi hari ini tidak ada lagi solat sunah Tarawih. Begitu juga di Masjid Nabawi Madinah kegiatan serupa juga dilakukan seperti halnya di Makkah," jelas Muhammad Nuruddin saat dihubungi.

Selepas pelaksanaan solat Isya di Makkah dan Madinah, Tribun juga melakukan pengamatan. Yakni melalui parabola dari dua stasiun televisi, King Saudi Arabia 1 dan King Saudi Arabia 1. Seusai solat Isya, memang tidak ada lagi solat sunah Tarawih yang dilakukan secara berjamaah seperti malam sebelumnya.

Dari hasil pengamatan yang ada, para jamaah terus menggemakan takbir jika 1 Syawwal 1432 Hijriah sudah tiba. Bahkan saking gembiranya, beberapa jamaah terlihat melambai-lambaikan tangan dan tersenyum saat kamera menyoroti wajah mereka.

Sumber : TRIBUNNEWS.COM, MEKAH

Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar