Home » » SAR Selayar Berhasil Selamatkan 3 Pemancing Yang Mengalami Kerusakan Mesin

SAR Selayar Berhasil Selamatkan 3 Pemancing Yang Mengalami Kerusakan Mesin

Penulis Media Selayar on Rabu, 18 Mei 2011 07.39.00

Setelah melakukan penyisiran selama kurang lebih 9 jam lamanya di perairan laut Pulau Gusung Selayar sesuai laporan yang diterima dari  keluarga Hamzah Raja  salah seorang pemancing yang berada di atas kapal yang mengalami kerusakan mesin sehari sebelumnya Selasa (17/5) sekitar pukul 17.00 Wita diperairan sebelah barat pulau gusung akhirnya di berhasil diselamatkan oleh tim SAR pos Selayar. Ke 3 pemancing saat ditemukan dalam kondisi yang cukup memprihatinkan setelah terkatung katung selama 12 jam lamanya di perairan sebelah barat Selayar. Menurut Koordinator SAR Selayar Djuanidi saat di konfirmasi di kantornya, bahwa sekitar pukul 19.00 Wita pada hari Selasa 17/5 menerima laporan dari seseorang melalui melaui telepon pengaduan SAR dengan menyampaikan informasi bahwa keluarganya yang berangkat melaut bmengalami kerusakan mesin dan sangat butuh pertolongan. Menerima laporan tersebut, SAR langsung merespon dengan menurunkan 9 personil dan sebuah perahu karet ukuran besar langsung melakukan penyirian di sekitar sebelah barat pulau gusung barat sesuai informasi awal yang diterima. Sekitar 3 jam berputar maklum dalam keadaan gelap, akhirnya kami putuskan memperluas wilayah penyisiran dengan mempelajari arah arus laut dan tiupan arah mata angin, sehingga kami putuskan untuk melakukan pencarian ke arah barat daya. Hingga akhirnya sekitar pukul 5 dinihari Rabu 18/5 kami melihat bayangan yang cukup jauh sekitar 17 mil laut dari arah barat benteng Selayar. Kami pun menuju ke bayangan tersebut dan menmukan   3 orang pemancing yang memang kami cari. Betul bahwa kapal yang mereka tumpangi mengalami gangguan mesin dan ke 3 nya tidak mampu berbuat banyak, ujar Junaidi. Melihat kondisi ke 3 korban telah mulai lemas maka kami pun melakukan upaya evakuasi secepatnya termasuk menarik kapal tersebut ke pantai gusung. Posisi mereka ditemukan telah memasuki wilayah perairan Kabupaten Bantaeng, atau arah barat laut Benteng.
Djuanidi juga menegaskan bahwa andai saja masih terlambat ditemukan kemungkinannya akan adat korban jiwa karena beberapa saat setelah mereka merapat di pelabuhan Benteng Selayar, cuaca agak berobak dan hujan juga tiba tiba mengguyur perairan laut Selayar.

 Ke 3 orang pemancing tersebut masing masing Hamzah Raja, Andi Jaelani ( koord.MCS Coremap II Selayar) dan Sukri. Masing masing telah kembali ke rumahnya.

Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar

CARI BERITA