Iklan

GP Portugal 2011

Media Selayar
Minggu, 01 Mei 2011 | 23:18 WIB Last Updated 2020-05-07T06:14:19Z
portuigal

MEDIA SELAYAR. Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, tampil fantastis untuk mengakhiri dominasi pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, di Sirkuit Estoril, Portugal.

Dalam balapan yang menegangkan selama 28 lap, Minggu (1/5/11), Pedrosa mengalahkan kompatriotnya asal Spanyol tersebut, untuk menjadi juara, sekaligus merengkuh kemenangan perdana pada MotoGP musim 2011 ini.

Di belakang duo Spanyol itu ada rekan setim Pedrosa, Casey Stoner, yang terpaut 7,658 detik. Sementara itu, Valentino Rossi harus menerima kenyataan pahit menjelang finis, karena sebelum melewati garis tersebut (finis), disalib oleh pebalap Repsol Honda lainnya, Andrea Dovizioso, yang terus menempelnya selama lomba.

Hasil buruk harus diterima pebalap Gresini Honda, Marco Simoncelli, yang gagal menyelesaikan lomba. Start dari posisi dua dan menjadi salah satu favorit juara, pebalap berambut jabrik ini justru mengalami kecelakaan di lap pertama pada tikungan kelima, sehingga pupuslah ambisinya untuk meraih kemenangan.

Dengan hasil seri ketiga ini, maka Lorenzo tetap berada di puncak klasemen dengan total poin 65, hasil dari sekali menang dan dua runner-up, disusul Pedrosa dengan 61 poin. Posisi tiga ditempati Stoner, yang merupakan pemenang seri perdana di Qatar, dengan koleksi 41 poin.

Jalannya lomba

Ketika lampu merah padam tanda balapan dimulai, Lorenzo langsung melejit. Juara dunia ini, yang menempati pole sekaligus memantapkan dominasinya di Estoril dengan meraih empat pole dalam empat musim terakhir, dibuntuti duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Casey Stoner. Rossi pun melakukan start yang hebat, karena dia langsung melejit ke urutan empat setelah start drai posisi sembilan.

Namun nasib sial menimpa Simoncelli, karena dia jatuh sebelum pertarungan berlangsung ketat. Berada di posisi tiga dan sedang berusaha menggeber motornya, pebalap berambut jabrik ini terpental dan jatuh pada tikungan kelima, saat akan belok ke kiri, sehingga dia gagal melanjutkan lomba.

Tampaknya, Sirkuit Estoril menjadi arena yang membawa sial bagi pebalap Italia tersebut, karena sejak latihan bebas, kualifikasi, dan balapan, dia selalu mengalami kecelakaan.

Memasuki lap keempat, sudah mulai terjadi gap antara dua pebalap terdepan, yaitu Lorenzo-Pedrosa, dengan Stoner dan Rossi-Dovizioso. Lorenzo dan Pedrosa, yang bersaing ketat memperebutkan posisi terdepan, unggul lebih dari dua detik atas Stoner, yang "tidak terganggu" di posisi tiga. Sedangkan Rossi terpaut lebih dari empat detik dari posisi terdepan.

Lap ketujuh, Lorenzo dan Pedrosa semakin menjauh dari kejaran para lawannya. Duo Spanyol ini sepertinya bertarung sendirian untuk menjadi yang terbaik karena mereka hanya berselisih kurang dari 0,1 detik. Sedangkan Stoner, yang berada di belakang mereka, tertinggal lebih dari dua detik. 

Sedangkan di kelompok ketiga yang memperebutkan posisi empat, terjadi pertarungan ketat antara Rossi, Dovizioso dan pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards.

Memasuki lap ke-12, Rossi semakin jauh tertinggal dari tiga pesaing di depannya. "The Doctor" terpaut lebih dari delapan detik dengan Lorenzo, yang terus mendapat tekanan keras dari Pedrosa, yang sampai lap ini membuat tiga kali fastest lap. Secara keseluruhan, tak ada perubahan komposisi karena semua pebalap yang masih tampil, bisa mempertahankan posisinya.

Hanya saja, persaingan menjadi semakin monoton karena hanya melibatkan Lorenzo dan Pedrosa. Bahkan saat balapan tersisa enam lap lagi, mereka semakin jauh meninggalkan Stoner yang terpaut lebih dari lima detik, apalagi dengan Rossi, yang kian tertinggal dengan gap lebih dari 13 detik.

Perjuangan keras Pedrosa untuk mengejar Lorenzo membuahkan hasil pada lap ke-24. Setelah menggeber secara maksimal motornya di lintasan lurus dan melakukan pengereman keras, dia berhasil mengambil dari sisi dalam saat menikung ke kanan, sehingga mampu mengambilalih jalannya balapan tersebut. 

Satu lap berselang, Pedrosa, yang total melakukan enam fastest lap, semakin menjauh dengan selisih lebih dari 0,4 detik atas Lorenzo, yang pada tiga musim terakhir selalu merajai GP Portugal (baik kualifikasi maupun balapan).

Kesuksesan ini juga menunjukkan bahwa gangguan pada bahu yang dialami Pedrosa sudah mulai pulih. Padahal, dia sedang dalam proses penyembuhan pasca-operasi awal bulan April, untuk mengeluarkan plat besi di tulang selangkanya, yang ditengarai menjadi penyebab dirinya mati rasa saat balapan (di Qatar dan Jerez).

Hasil pahit harus dialami Rossi, yang kembali harus finis di posisi lima. Sudah berada dalam posisi yang bagus untuk memperbaiki hasilnya bersama Ducati pada musim ini, dia justru "terpeleset" ketika akan menyentuh garis finis karena disalib Dovizioso. 

Alhasil, Rossi kembali mengulangi hasil di GP Spanyol awal bulan April ketika finis di posisi lima, dan juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut harus menunggu lagi untuk mewujudkan impian naik podium.

Setelah GP Portugal ini, para pebalap kembali mempersiapkan diri menghadapi GP Perancis di Sirkuit Le Mans, pada 15 Mei mendatang. Musim lalu, Lorenzo menjadi jawara di sirkuit ini, disusul Rossi dan Dovizioso.

- Hasil GP Portugal, Minggu (1/5/11)

1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team 45m 51.483s

2. Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing 45m 54.534s

3. Casey Stoner AUS Repsol Honda Team 45m 59.141s

4. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team 46m 8.013s

5. Valentino Rossi ITA Ducati Marlboro Team 46m 8.038s

6. Colin Edwards USA Monster Yamaha Tech 3 46m 24.058s

7. Hiroshi Aoyama JPN San Carlo Honda Gresini 46m 30.232s

8. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech 3 46m 32.395s

9. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team 46m 46.370s

10. Randy de Puniet FRA Pramac Racing Team 46m 51.180s

11. Toni Elias ESP LCR Honda MotoGP 46m 51.857s

12. Loris Capirossi ITA Pramac Racing Team 46m 53.276s

13. Alvaro Bautista ESP Rizla Suzuki MotoGP 47m 15.853s

DNF:

Ben Spies USA Yamaha Factory Racing

Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing

Hector Barbera ESP Mapfre Aspar Team

Marco Simoncelli ITA San Carlo Honda Gresini

- Klasemen sementara

1. Jorge Lorenzo Yamaha Factory Racing 65

2. Dani Pedrosa Repsol Honda Team 61

3. Casey Stoner Repsol Honda Team 41

4. Valentino Rossi Ducati Marlboro Team 31

5. Nicky Hayden Ducati Marlboro Team 30

= Andrea Dovizioso Repsol Honda Team 30

7. Hiroshi Aoyama San Carlo Honda Gresini 28

8. Cal Crutchlow Monster Yamaha Tech 3 21

9. Colin Edwards Monster Yamaha Tech 3 18

10. Hector Barbera Mapfre Aspar Team 14

11. Karel Abraham Cardion AB Motoracing 12

= Toni ElĂ­as LCR Honda MotoGP 12

13. Marco Simoncelli San Carlo Honda Gresini 11

14. Ben Spies Yamaha Factory Racing 10

15. Loris Capirossi Pramac Racing Team 9

16. John Hopkins Rizla Suzuki MotoGP 6

= Randy de Puniet Pramac Racing Team 6

18. Alvaro Bautista Rizla Suzuki MotoGP 3

Editor : Ina Maharani


Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • GP Portugal 2011

Trending Now

Iklan