Selayar
Home » , » Berita Terkait Dana BOS Di Bantaeng

Berita Terkait Dana BOS Di Bantaeng

Penulis Media Selayar on Selasa, 24 Mei 2011 19.43.00

MEDIA SELAYAR. Belum cairnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terhadap puluhah SD yang tersebar di empat Kecamatan di Bantaeng disebabkan Dinas Pendidikan hingga kini belum mengajukan permintaan pencairan dana.

Padahal, pihak Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) kerap meminta agar seluruh sekolah segera mengajukan permintaan pencairan.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang Administrasi Umum, Drs Abd Rasyid kepada Upeks di ruang kerjanya, Senin (23/5/2011). Dikatakan, sebenarnya puluhan sekolah itu belum dicairkan karena belum memenuhi syarat adminsitrasi sehingga harus dilengkapi sesuai petunjuk teknis pencairan dana.

"Kita memang belum cairkan karena memang belum ada permintaan pencairan uang. Permintaan sudah ada dan memenuhi syarat administrasi, paling lama dua hari anggaran sudah bisa dicairkan, " terang Abd Rasyid.

Begitu juga dengan pencairan dana BOS tahap kedua untuk SMP tidak dicairkan karena belum ada permintaan dan jika mengacu pada sistem penganggaran dan mekanisme APBD, maka sebelum anggaran tahap dua diterima maka harus memasukkan laporan penggunaan anggaran tahap awal.

Sementara Kepala Bidang Anggaran DPKAD, Romuti tak sependapat jika anggaran operasional sekolah itu dipersulit pencairannya. Bukan apa-apa, banyak sekolah terpaksa mengandalkan bantuan pihak ketiga alias melakukan pinjaman karena sulitnya mendapatkan anggaran yang menjadi hak setiap sekolah.

"Jangan terlalu kaku melaksanakan aturan, berikan saja anggaran itu sesuai pagu setiap sekolah kalaupun anggaran tersebut kurang atau lebih maka akan disesuaikan pada pencairan tahap selanjutnya. Ini lebih baik ketimbang sekolah tidak ada kegiatan karena terbentur anggaran, " jelas Romuti.

Sedangkan pencairan tahap kedua untuk SMP agar secepatnya dimasukkan ke DPKAD dan tidak usah menunggu sekolah lainnya. Sekolah yang terlebih dulu memasukkan permintaan dan memenuhi syarat maka bisa dicairkan secepatnya tanpa harus melalui sistem kolektif.

Pihaknya berharap tahun depan masalah yang muncul pada pencairan dana BOS dapat diminimalisir.

KEMBALI KE HALAMAN PERTAMA 

Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar