Iklan

Laut Selayar Kaya Harta

Media Selayar
Kamis, 07 April 2011 | 10:54 WIB Last Updated 2020-05-07T06:32:11Z
MEDIA SELAYAR . (07/04/11)- Harta Karun Terpendam Kabupaten kepulauan selayar terdiri atas 132 pulau dan baru 26 pulau yang dihuni manusia. Luas wilayahnya 10.503,69 kilometer persegi (km2), terdiri atas daratan seluas 1.357 km2 dan sisanya merupakan kawasan laut (9.146,66 km2).

Lautan yang luas dan indah ini sangat memungkinkan pengembangan wisata bahari, perikanan, dan mineral serta tambang minyak di lepas pantai. Harta karun di wilayah ini cukup banyak. Namun, belum terangkat secara maksimal.

Sebagai contoh, bupati menyebutkan temuan beberapa keramik kuno yang diduga peninggalan dinasti cina. “sudah ada yang ditemukan, tetapi belum ada investor yang berminat mengangkatnya,” kata bupati sambil memperlihatkan contoh keramik kuno yang tersimpan di lemari ruang kerjanya. Spoiler for gong nekara: Ahli sejarah menafsirkan, gong nekara merupakan peninggalan kebudayaan zaman perunggu. Usianya diperkirakan sekitar 2.000 tahun lebih.

Gong ini ditemukan seorang petani penggarap tanah kerajaan bernama saburu tahun 1686. Karena ditemukan di tanah kerajaan, sampai 1760 gong ini menjadi benda pusaka kerajaan. Gong ini memiliki tiga fungsi pada masanya, yakni fungsi keagamaan, sosial budaya, dan politik. Fungsi keagamaan yaitu sebagai alat komunikasi, upacara, dan simbol.

Sementara itu, fungsi sosial budaya yaitu sebagai simbol status sosial, perangkat upacara, dan karya seni yang mempunyai daya magis religius. Sedangkan fungsi politik yaitu sebagai tanda bahaya atau isyarat perang.


Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Laut Selayar Kaya Harta

Trending Now

Iklan