Selayar
Home » » 3 Komponen Program Coremap Phase II Kepulauan Selayar

3 Komponen Program Coremap Phase II Kepulauan Selayar

Penulis Media Selayar on Kamis, 28 April 2011 03.43.00

DisKP Kepulauan Selayar Siap Sukseskan

Kepulauan Selayar,– Sejumlah program rehabilitasi kelautan & perikanan terus digencarkan DisKP Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dalam beberapa tahun terakhir, dengan menggelontorkan anggaran bernilai milyaram rupiah.

Mulai dari pencanangan kegiatan transpalantasi karang buatan, penyaluran bantuan alat tangkap jenis perahu jollor, mesin katinting, sampai pada penyaluran perahu bagan. Tak cukup sampai disitu saja, memasuki tahun anggaran 2009 lalu, DisKP Kabupaten Kepulauan Selayar kembali melaksanakan program luncuran, berupa pembangunan dua unit sarana gedung SMK Kelautan, masing-masing di Kecamatan Pasimasunggu dan Kecamatan Benteng.

Alhasil, program ini mendapatkan respon positif Camat Pasimasunggu, Drs. Suardi, selaku pimpinan wilayah di Pulau Jampea. Kendati demikian, Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si menyatakan “apa yang telah dilakukan pihaknya selama ini, belumlah dapat dianggap sebagai sebuah keberhasilan berarti”.

Terkait pernyataannya itu, dalam keterangan persya Marjani menyebutkan “Mengawali masuknya tahun anggaran 2011 mendatang, pihaknya telah mendesain sejumlah komponen program lanjutan di lingkungan Dis KP Kepulauan Selayar.

Tiga diantaranya yakni, program penyadaran masyarakat, edukasi pendidikan dan kemitraan bahari, dengan mengefektifkan strategi komunikasi dalam bentuk media cetak dan media elektronik. Berikutnya, dinas kelautan juga akan merencanakan pemutaran film dokumenter menyangkut praktek-praktek penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan, serta penyebarluasan media sosialisasi pada stakeholder dan masyarakat.

Pada sektor edukasi pendidikan Marjani mengungkapkan “mulai dari sekarang, pihak DisKP akan terus mengupayakan adanya perhatian extra, dari kalangan sekolah kejuruan, akademisi, dan mahasiswa, agar lingkungan kampus sedapat mungkin dilibatkan pada program kerjasama pengembangan sektor kelautan & perikanan, melalui terlaksananya program kegiatan KKN, PKL dan intership (magang).

Dimana, kegiatan tersebut rencananya akan dipadukan dengan program pengembangan kemitraan bahari melalui penyusunan petunjuk teknis kegiatan KKN , PKL dan Intership (magang). Hal tersebut kata Marjani, diharapkan dapat menyukseskan lahirnya task force pengelolah program kemitraan bahari.

Menyusul, akan diselenggarakannya penyusunan kembali sistem dBase Terumbu Karang yang terstandarisasi dengan lebih awal menyelenggarakan desponsive research. Masih berkutat pada persoalan program pengembangan edukasi pendidikan, DisKP Kepulauan Selayar sepakat untuk merealisasikan seluruh komponen program yang telah direncanakan Coremap Phase II Pusat.

Khususnya, dalam rangka penyerapan beasiswa di lingkungan SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi. Termasuk untuk menyukseskan tiga komponen program lain yang juga telah direncanakan oleh lembaga coral rehabilitation and managemen program Coremap Phase II yaitu : program penyusunan kurikulum lokal.

Disusul, program sosialisasi pengelolaan terumbu karang di kalangan tenaga guru pendidik, pelaksanaan lomba karya ilmiah terumbu karang dan pengadaan buku katalog jenis terumbu karang, tandas Mantan Kepala Bappeda Kepulauan Selayar ini. (http://www.kkp.go.id/)







Bila terdapat kekeliruan dalam penulisan silahkan Kontak Redaksi kami Untuk Klarifikasi

0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar