Selayar
Home » , , » Selayar Dulu Kumuh, Sekarang Tertata Rapi dan Indah

Selayar Dulu Kumuh, Sekarang Tertata Rapi dan Indah

Penulis Media Selayar on Sabtu, 19 Juni 2010 14.54.00

"Menelusuri Kawasan Bua-bua di Benteng, Selayar Dulu Kumuh, Sekarang Tertata Rapi dan Indah

KABUPATEN Kepulauan Selayar terus berbenah. Berbagai program dicanangkan untuk mensejajarkan wilayah pesisir itu dengan kota tujuan wisata terkenal di Indonesis, seperti Kuta di Bali dan taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.

PEMBANGUNAN infrastruktur di daerah ini terus digalakkan. Tengok saja, kawasan pesisir di Kecamatan Benteng, Selayar. Wilayah itu kini berubah indah. Nyiur melambai dan pantainya elok mempesona.

Salah satu tokoh yang paling berjasa menyulap kawasan itu menjadi bersih adalah H Ali Gandong. Pensiunan polri tersebut dengan komitmen dan modal sendiri telah membersihkan dan menimbun kawasan Buabua di Benteng.

Kini Buabua tertata rapi dan indah. Tak lagi jorok dan menjadi biang penyebaran penyakit menular.

H Ali bahkan telah menanam 40 pohon produktif jenis sukun, dan dalam waktu dekat akan menanam lagi puluhan pohon mangga. Ali Gandong bahkan menurunkan armada alat berat untuk memberangus sampah di kawasan Buabua.

Menurut Ali Gandong, sejak Syahrir Wahab menjabat Bupati Selayar, pembangunan infrastruktur di daerah ini berjalan pesat.

''Semua jalan di Benteng sudah di hotmix. Penataan kawasan pantai rapi dan indah. Itu sangat menunjang dan akan menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara. Apalagi, Selayar memiliki obyek wisata Takabonerate yang telah menjadi ikon pariwisata Indonesia, bahkan dunia,'' kata Ali.

Ali juga menegaskan dalam waktu dekat pemerintah kabupaten akan membangun jembatan kembar Appabatu. Itu dilakukan lantaran jembatan yang ada saat ini sangat padat lantaran dekat dengan akses terminal dan pasar. Belum lagi, kepadatan arus kendaraan dari jalan lingkar di sisi timur.

Dijelaskan, pembersihan di Buabua yang ia lakukan murni atas kesadaran sendiri dan tanpa tendensi apa-apa. Ia juga memuji langkah Pemkab Selayar dalam menerapkan strategi pembangunan.

Ali Gandong juga berharap dan yakin kalau Syahrir Wahab akan kembali terpilih menjadi bupati untuk kedua kalinya. Dia memberi apresiasi tinggi atas program pembangunan yang akan dilakukan Syahrir Wahab ke depan. Diantaranya, seluruh jalan desa akan dihotmix, kecuali jalan tani. Memberikan fasilitas air bersih kepada seluruh warga yang ada di 130 pulau dengan teknologi penyulingan air laut menjadi air tawar.

Program lainnya, adalah memberikan fasiltas listrik ke pada seluruh warga dan yang paling penting adalah pemberian asuransi kepada sekitar 130 ribu warga Selayar.

''Seluruh warga akan mendapat asuransi. Jika ada warga yang meninggal dunia akan mendapat santunan Rp 2 juta. Dan yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas akan memperoleh santunan Rp 4 juta,'' terangnya. (*/rus/B)


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar