Selayar
Home » , » KPID SULSEL GIATKAN PEMANTAUAN JELANG PILKADA

KPID SULSEL GIATKAN PEMANTAUAN JELANG PILKADA

Penulis Media Selayar on Senin, 14 Juni 2010 14.39.00





MEDIA SELAYAR. Menjelang Pemilukada di 10 kabupaten di Sulsel, KPID Sulsel menggiatkan pemantauan pada sejumlah siaran televisi dan radio lokal.

"Menjelang Pemilukada di Sulsel, kami menggiatkan pemantauan dan sudah ada penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan pihak KPUD masing-masing," kata Ketua KPID Sulsel Aswar Hasan di Makassar, Sabtu.

Sebanyak 10 daerah di Sulsel yang akan menyelenggarakan Pemilukada secara serentak 23 Juni 2010 adalah Kabupaten Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Luwu, Luwu Utara, Tana Toraja, Gowa, Bulukumba dan Selayar.

Menurut Aswar, pentingnya pemantauan siaran untuk menjaga agar media siaran bisa tetap independen terhadap semua kandidat yang akan bertarung pada Pilkada.

Selain melakukan pemantauan, lanjutnya, pihaknya, juga akan menerima pengaduan masyarakat berkaitan dengan pelanggaran yang terkait dengan siaran Pemilukada, baik berupa iklan, berita atau perbincangan yang dinilai merugikan pihak lain atau pun menjatuhkan kandidat lainnya.

"Durasi yang diberikan kepada masing-masing kandidat yang ikut Pemilukada itu harus berimbang," ujarnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Lembaga Pendidikan Informasi dan Studi Media Pulbik (LaPISMedik) Makassar Hadawiah mengatakan, pematauan terhadap media lokal atau siaran menjelang dan setelah Pemilukada sangat penting.

"Media sering kali dijadikan alat propaganda dalam politik, termasuk untuk Pemilukada yang dilakukan masing-masing tim sukses. Karena itu pemantau siaran, khususnya KPID harus benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik," katanya.


0 KOMENTAR TRENDERS:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berbagi Dengan Kami Di Redaksi Blog Media Selayar