Iklan

Badan Arsip Selayar Bina 80 Perpustakaan Desa

Media Selayar
Kamis, 03 Juni 2010 | 21:50 WIB Last Updated 2020-05-06T09:01:26Z
ARSIP IKLAN DAN ARTIKEL MEDIA SELAYAR .Memasuki tahun anggaran 2011, Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, telah merampungkan 80 perpustakaan desa dan kelurahan untuk dibina.

Bentuk pembinaannya, diawali dari pemberian bantuan buku sebanyak 300 judul setiap perpustakaan desa dan kelurahan.

Tahun ini masih tersisa 13 desa yang belum memiliki perpustakaan desa, sehingga pihak perpustakaan daerah, akan memenuhinya dengan harapan membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk mencerdaskan masyarakat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Perpustakaan dan Arsip Daerah Kepulauan Selayar, Nurwahidah Surung, di kantornya, Kamis (13/1). Dikatakan bahwa bantuan buku kepada 13 desa, bersumber dari dana stimulan, agar setiap daerah juga membuat kegiatan yang sama atau membangun kerjasama dengan kelompok masyarakat yang ada, misalnya karang taruna di desa masing masing.

Perpustakaan dan Arsip Daerah saat ini sudah mengoleksi buku sekira 7.000 judul. "Perlu diketahui bahwa kami hingga saat ini tetap membuka pelayanan hingga pukul 17. 00 wita dan Pemkab Kepulauan Selayar belum memberlakukan lima hari kerja, kantor perpustakaan sudah melakukannya," kata Nurwahidah.

Sementera kata dia, salah satu kendala pihaknya, yakni minimnya mobil perpustakaan. "Saat ini baru satu unit mobil yang beroperasi keliling untuk melayani perpustakaan desa, belum lagi biaya operasional yang sangat tinggi, sementara anggaran operasional terbatas," ujarnya.

Olehnya itu dia berharap ada kerjasama dengan pemerintah desa untuk memperlancar pelayanan. Dengan demikian, perhatian pemerintah desa tentang kehadiran perpustakaan desa, betul-betul mengarah kepada pencerdasan masyarakat desa dan penciptaan SDM. (*)

--  Galeri UKM Siapkan Souvenir Dan Kuliner Khas 100% Selayar

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Badan Arsip Selayar Bina 80 Perpustakaan Desa

Trending Now

Iklan